Berapa Hari Lagi Puasa Ramadhan 2022

  • Diposting oleh : Admin
  • Tanggal : 17/02/2022
  • Berapa Hari Lagi Puasa Ramadhan 2022


    Berapa hari lagi puasa Ramadhan 2022 kerap jadi pertanyaan banyak umat muslim, karena Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu dan penuh keberkahan. Bulan Ramadhan penuh dengan kemuliaan, juga sebagai ladang pahala bagi umat muslim karena setiap amal atau kebaikan yang dikerjakan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

    Jadwal puasa Ramadhan tahun ini berbeda dari puasa Ramadhan 2021. Hal ini karena umat Islam mengikuti kalender Hijriah, yang berarti bulan Ramadhan selalu dimulai sekitar 10-11 hari lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya.  

    Lantas, berapa hari lagi puasa Ramadhan 2022?  

    Berdasarkan Kalender Islam Global 1443 H dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, bulan puasa Ramadhan tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Jika dihitung mulai dari hari ini, tanggal 16 Februari. Sementara, perayaan hari raya Idul Fitri diperkirakan akan digelar pada 2-3 Mei 2022.  

    Itulah perhitungan terkait berapa hari lagi puasa Ramadhan 2022. Hanya saja perlu diingat bahwa keputusan terkait berapa hari lagi puasa tentunya juga harus menunggu hasil Sidang Isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. 

    Ada dua cara yang digunakan untuk menentukan berapa hari lagi puasa sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2004, yaitu rukyatul hilal dan hisab. Rukyatul hilal merupakan metode mengamati hilal (bulan sabit pertama) di 82 titik di Indonesia yang telah memenuhi kriteria imkanur rukyah. Kenampakan hilal bisa dilihat jika berada di minimal ketinggian 2 derajat, yang mana cara pemantauan hilal ini biasa digunakan oleh Nahdlatul Ulama. 

    Sementara, Muhammadiyah menggunakan cara hisab untuk menentukan awal Ramadhan, yaitu metode perhitungan waktu secara astronomis dan matematis berdasarkan posisi benda-benda langit, seperti matahari, bulan dan bumi. Baik cara rukyatul hilal maupun hisab, keduanya saling mendukung untuk menentukan berapa hari lagi puasa Ramadhan. 

    Setelah mengetahui informasi berapa hari lagi puasa Ramadhan, kita dapat lebih mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari untuk menyambut bulan yang suci ini. Di antaranya bertaubat kepada Allah SWT, meningkatkan ibadah dan amal shaleh, menyucikan diri dengan saling memaafkan saudara semuslim, membayar utang puasa dan bersedekah.

    Sebagaimana yang tertuang dalam surat At Taubah ayat 46 berbunyi, "Dan jika mereka mau berangkat, niscaya mereka menyiapkan persiapan untuk keberangkatan itu, tetapi Allah tidak menyukai keberangkatan mereka, maka Dia melemahkan keinginan mereka, dan dikatakan (kepada mereka), "Tinggallah kamu bersama orang-orang yang tinggal itu."

    Hendaknya kita mempersiapkan bekal untuk berangkat menuju bulan Ramadhan 2022 agar senantiasa diridhoi Allah SWT, terlebih lagi setelah mengetahui berapa hari lagi puasa Ramadhan. 

    Di samping mengetahui berapa hari lagi puasa, alangkahnya baiknya jika kita juga mengetahui niat puasa Ramadhan berikut ini: 

    "Nawaitu shauma ghodin an adaai fardhi syahri romadhoona hadzihis-sanati lillahitaala"

    Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Taala.  

    Anda dapat melihat countdown (perhitungan mundur) untuk mengetahi berapa hari lagi puasa Ramadhan 2022 di laman Instagram @baznasindonesia.

BAYAR ZAKAT