"https://baznas.go.id/100"
  • Tanggal : 16/07/2019
  • Diposting oleh : Admin

Berkurban pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah dan tiga hari tasyrik lainnya tidak hanya memiliki nilai ibadah, melainkan juga memiliki nilai sosial. Daging kurban yang dibagikan terutama kepada orang yang kurang mampu, tentu akan sangat bermakna bagi mereka. Keutamaan kurban sangat banyak, namun masih ada diantara kita yang belum mengetahui keutamaan ibadah kurban. Oleh karena itu, berikut 4 keutamaan ibadah kurban yang perlu Anda ketahui:

1. Melaksanakan Perintah Allah 

"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah." (Al-Kautsar Ayat 2).

Dalam Tafsir Quraish Shihab dijelaskan, dan jika kamu telah diberikan hal tersebut, maka kerjakanlah selalu salat dengan penuh ikhlas, dan sembelihlah kurbanmu sebagai bentuk kesyukuranmu atas karunia yang telah dilimpahkan kepadamu dan kebaikan yang diberikan khusus untukmu.

2. Meneladani Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Ibadah kurban berawal dari kisah Nabi Ibrahim AS yang akan menyembelih anaknya Ismail yang kemudian diganti dengan domba. Sejarah ini kemudian diperingati sebagai Hari Raya Idul Adha. Keikhlasan, kesabaran, dan ketaatan Nabi Ibrahim patut diteladani.

"...Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (At-Talaq Ayat 2-3).

3. Meningkatkan Ketaatan

Dalam hadis riwayat Ibnu Majah, Rasul shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan (rezeki) dan tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ibnu Majah no. 3123).

4. Setiap Bulu Hewan Kurban Memiliki Kebaikan

Dari Zaid bin Arqam, dia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Kurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka bertanya, “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan kurban itu?” Rasulullah Shallalhu `Alaihi Wasallam menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya? ”Rasulullah Shallallahu `Alaihi Wasallam menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Wallahu A`lam Bishawab.