Apa yang Dimaksud Fidyah: Penjelasan Sempurna Mengenai Konsepnya

Apa yang Dimaksud Fidyah: Penjelasan Sempurna Mengenai Konsepnya

Apa yang Dimaksud Fidyah: Penjelasan Sempurna Mengenai Konsepnya

07/05/2024 | Humas BAZNAS

Seseorang yang telah memiliki utang puasa Ramadhan, tapi tidak bisa menggantinya dengan qadha puasa, ada baiknya untuk mengetahui apa yang dimaksud fidyah, untuk mengetahui beberapa penjelasan konsep yang tepat supaya ketika melaksanakan fidyah bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ajaran syariat Islam. Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap apa yang dimaksud fidyah? 

Fidyah biasanya berupa pembayaran makanan pokok, bahkan sekarang bisa berupa uang yang diberikan kepada orang yang membutuhkan seperti fakir atau miskin, sebanyak hari puasa yang ditinggalkannya. Jumlah pembayaran fidyah itu sendiri bervariasi, tergantung pada kondisi individu dan kebijakan yang berlaku di masyarakat atau lembaga agama setempat. 

Tujuan fidyah adalah untuk bisa memastikan bahwa orang yang tidak bisa puasa, tetap memenuhi kewajiban agama mereka. Tetapi, harus sambil memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Ini adalah bentuk fleksibilitas untuk setiap individu yang mungkin tidak mampu dalam hal berpuasa secara fisik, tetapi masih bisa untuk menjalankan perintah agama Islam. 

 

Apa yang Dimaksud Fidyah? Penjelasan Konsep yang Tepat

Fidyah merupakan istilah dalam agama Islam yang mengacu pada kewajiban membayar denda atau ganti rugi atas ketidakmampuan seseorang untuk melakukan ibadah puasa selama bulan Ramadhan karena ada alasan tertentu. Fidyah juga diberlakukan bagi individu yang tidak mampu untuk berpuasa, karena alasan kondisi lain yang menjadi penghalang mereka untuk berpuasa, seperti karena ibu hamil dan ibu menyusui.

Ada beberapa konsep penting tentang fidyah dalam Islam, sebagai berikut:

Ketidakmampuan dalam berpuasa

Fidyah dibutuhkan bagi individu yang tidak mampu untuk berpuasa karena alasan kesehatan yang sangat berat atau kondisi lainnya yang dapat menghalangi mereka untuk bisa berpuasa Ramadhan. Seperti kehamilan atau menyusui, ataupun kondisi kritis lainnya yang memerlukan pengobatan terus menerus. 

Jumlah fidyah

Jumlah fidyah yang dibayarkan harus sebanding dengan harga makanan dasar yang bisa mencukupi pemberian makan untuk satu orang miskin per hari puasa yang ditinggalkan. Standar ini bisa bervariasi tergantung pada kondisi lokal dan panduan yang paling masyhur dan otoritas keagamaan setempat.  

Bentuk pembayaran

Fidyah bisa berupa pembayaran uang dan bisa berupa makanan siap saji atau bahan makanan pokok seperti beras. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi penerima zakat fidyah dan otoritas masyarakat setempat.

Hukum fidyah

Fidyah adalah kewajiban agama Islam yang diatur dalam hukum Islam. Hal ini diatur dalam berbagai sumber hukum Islam, yaitu Al-Quran, Hadits, dan fatwa ulama-ulama terkemuka.

Fidyah sebagai alternatif

Fidyah menjadi kewajiban bagi yang berhak menjalankannya, tapi fidyah juga bisa disebut sebagai alternatif bagi orang yang tidak berpuasa dan tidak bisa membayar kembali puasa-puasanya yang terlewat. Ini adalah suatu keringanan khusus bagi mereka yang mungkin tidak bisa menjalankan ibadah puasa karena alasan tertentu. 

Itulah beberapa konsep penting fidyah dan apa yang dimaksud fidyah dalam Islam. Secara komprehensif fidyah dalam agama Islam adalah cermin dari nilai-nilai kemanusiaan, kepedulian sosial, dan fleksibilitas, dalam memenuhi kewajiban agama, sambil memperhatikan bagaimana kondisi dan kebutuhan individu yang kekurangan. 

Islam menganjurkan kita untuk selalu beramal dengan penuh keikhlasan dan tanpa mengharapkan imbalan, sehingga berpotensi mendapatkan ganjaran pahala yang lebih besar di sisi Allah Swt. Maka dari itu, baik Infak maupun Sedekah sama-sama mempunyai nilai dan makna penting dalam kehidupan beragama.

Sebagai Lembaga Pemerintah Nonstruktural yang mengelola dan mengkoordinasikan zakat secara nasional, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat ini dipercaya publik berkat komitmen dan program-programnya dalam menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS). BAZNAS RI merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001. Mari kunjungi laman Sedekah BAZNAS untuk melakukan Infak atau Sedekah secara online. Semoga setiap kebaikan yang kita keluarkan, bisa menjadi amal jariyah yang senantiasa mengalir pahalanya, Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ