Amalan Malam Nisfu Syaban: Cara Memperoleh Berbagai Keutamaan

Amalan Malam Nisfu Syaban: Cara Memperoleh Berbagai Keutamaan

Amalan Malam Nisfu Syaban: Cara Memperoleh Berbagai Keutamaan

19/02/2024 | Humas BAZNAS

Malam Nisfu Syaban merupakan malam yang istimewa dalam agama Islam, di mana banyak umat Islam melakukan amalan-amalan khusus sebagai bentuk ibadah dan upaya mendekatkan diri pada Allah SWT. 

Amalan yang banyak ditekankan agar memperoleh berbagai keutamaan di antaranya adalah shalat malam, dzikir, doa, dan membaca Al-Quran.

Amalan-amalan Malam Nisfu Syaban ini memiliki keutamaan tersendiri dalam Islam. Malam Nisfu Syaban diyakini sebagai malam di mana Allah SWT menentukan takdir bagi umat manusia untuk tahun yang akan datang. Oleh karena itu, berbagai amalan yang dilakukan pada malam tersebut diyakini memiliki nilai pahala yang besar.

Nisfu Syaban adalah istilah dalam bahasa Arab yang dapat diterjemahkan sebagai "pertengahan bulan Syaban". Malam Nisfu Syaban 2024 atau malam Nisfu Syaban 1445 Hijriah jatuh pada Sabtu 24 Februari 2024 hingga malam Minggu 25 Februari 2024. Malam Nisfu Syaban dijadikan momentum sebagai peringatan bagi umat Islam untuk kembali meningkatkan amalan dan ibadah menyambut datangnya bulan Ramadhan yang tinggal setengah bulan lagi.

Adapun amalan yang dianjurkan oleh para ulama pada malam Nisfu Syaban adalah: 

1. Memperbanyak ibadah sholat sunnah seperti sholat Tahajud dan Witir

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Syaban adalah shalat malam atau tahajud. Shalat malam merupakan bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam karena pada saat itu, langit telah sunyi, jiwa lebih tenang, dan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Melalui shalat malam, seseorang bisa mendekatkan diri pada Allah, memohon ampunan, serta memohon berbagai kebaikan untuk diri sendiri dan umat.

 

2. Membaca Al-Quran atau membaca Surat Yasin 3 kali

Selain shalat malam, membaca Al-Quran juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Syaban. Membaca Al-Quran pada malam tersebut diyakini sebagai bentuk mengingat Allah dan memperoleh berbagai keutamaan. Al-Quran merupakan petunjuk bagi umat Islam, dan membacanya dengan penuh kekhusyukan di malam Nisfu Syaban akan memberikan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

 

3. Memperbanyak doa dan dzikir terutama shalawat dan istighfar

Dzikir dan doa juga merupakan amalan-amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Syaban. Dengan berdzikir dan berdoa, seseorang dapat memperoleh keberkahan, ampunan, serta berbagai kebaikan dari Allah SWT. Dzikir dan doa juga merupakan bentuk mengingat Allah dan memohon perlindungan serta petunjuk-Nya dalam menjalani hidup.

Dengan melakukan berbagai amalan pada malam Nisfu Syaban, seseorang dapat memperoleh berbagai keutamaan dan rahmat dari Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan malam Nisfu Syaban dengan sebaik-baiknya untuk mendekatkan diri pada Allah dan memperoleh berbagai kebaikan serta keberkahan dalam hidup ini. Wallahu a’lam bishawab.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ