ZChicken Jadi Merek Asli BAZNAS untuk Pemberdayaan Ekonomi Mustahik

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 25/01/2023
  • Dokumentasi BAZNAS RI/Madinah


    Program pemberdayaan ekonomi mustahik ZChicken Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah mendapatkan sertifikat merek yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. 

    Produk ZChicken ini berupa ayam krispi yang renyah dengan bumbu yang khas. ZChicken dijual dengan konsep outlet gerobak dengan harga terjangkau sehingga dapat dinikmati semua kalangan.  

    "Alhamdulillah setelah mengikuti prosedur pendaftaran merek, kini ZChicken telah menjadi merek asli milik BAZNAS. Program ZChicken merupakan salah satu dari banyaknya program BAZNAS yang digulirkan untuk membantu proses transformasi mustahik menjadi muzaki," ujar Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (25/1/2023). 

    Menurutnya, pencapaian ini tentu menjadi motivasi bagi BAZNAS untuk terus berupaya meningkatkan usaha mustahik. Program ZChicken juga menjadi komitmen BAZNAS dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan umat.

    "Selain itu, program ini juga menjadi pertanggungjawaban BAZNAS dalam mengelola dana yang disalurkan muzaki agar dapat tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya langsung oleh mustahik," tambahnya.

    Noor menambahkan, fokus BAZNAS adalah bagaimana mustahik merasakan manfaat luar biasa dari donasi yang disumbangkan donatur melalui BAZNAS. 

    "Kami tentu terus berupaya bantuan yang diberikan tepat sasaran dan selalu transparan, agar masyarakat bisa melihat bahwa dana yang diberikan sampai di tangan orang yang tepat," katanya. 

    Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan MA mengatakan, sertifikat yang diraih ini menjadi bukti BAZNAS dalam meningkatkan kualitas program pemberdayaan ekonomi mustahik melalui program ZChicken. 

    "Dalam pelaksanaannya, BAZNAS tak hanya memberi bantuan modal usaha, namun juga membentuk ekosistem pengelolaan usaha agar semakin optimal. Dalam hal ini BAZNAS membentuk kelompok pengelola usaha sebagai distributor bahan baku ZChicken, yang tentunya usahanya juga dimiliki kelompok mustahik," kata Saidah. 

    Ekosistem bisnis usaha ZChicken itu, kata Saidah mencakup peternakan ayam, Rumah Produksi Ayam Marinasi, dan pusat distribusi. Diharapkan dengan skema usaha ini dapat memaksimalkan pendapatan mustahik demi mencapai kesejahteraan.

    "Dengan mendapatkan sertifikat merek ini, BAZNAS tentu akan terus mendorong memaksimalkan potensi pasar yang luas untuk program ZChicken. Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada donatur yang telah mempercayakan dan bersama BAZNAS untuk membantu mengangkat perekonomian mustahik," pungkasnya.

>
BAYAR ZAKAT