"https://baznas.go.id/719"

Songsong Ramadhan, Wapres Dorong BAZNAS Canangkan Gerakan Cinta Zakat

  • Diposting oleh : HUMAS BAZNAS
  • Tanggal : 06/02/2021
  • Dokumentasi BAZNAS


    Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (HC) KH. Ma’ruf Amin, mendorong Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), mencanangkan kampanye besar-besaran Gerakan Cinta Zakat.  Kegiatan ini dimulai pada Bulan Suci Ramadhan mendatang.

     

    “Saya setuju gerakan-gerakan itu nanti di Bulan Ramadhan, yaitu Gerakan Cinta Zakat. Oleh karena itu, saya minta inovasi-inovasi, terobosan-terobosan, bagaimana cara memungut potensi zakat itu, agar makin besar,” ujar Wapres saat menerima audiensi Pimpinan BAZNAS Periode 2020-2025 dalam pertemuan daring via Zoom dari Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (4/2/2021).

     

    Hadir Ketua BAZNAS, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, dan Wakil Ketua BAZNAS, Mochamad Machdum, SE, MIDEc, Ak, CA, CPA, CWM. Juga tampak para pimpinan BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE., M.Ec, Ir. M. Nadratuzzaman Hosen, MS., M.Sc., Saidah Sakwan, MA, Rizaludin Kurniawan, S.Ag., M.Si, Kolonel (Purn) Drs. Nur Chamdani, Achmad Sudrajat, Lc., MA. Kemudian Pimpinan BAZNAS ex officio Kementerian Agama, Prof. Dr. Phill. Kamaruddin Amin, MA; Dr. Ir. Muhammad Hudori, M.Si (Kementerian Dalam Negeri); Suminto, M.Sc., Ph.D (Kementerian Keuangan) dan Sekretaris BAZNAS, Jaja Jaelani.

     

    Dalam  kesempatan tersebut, Wapres menyemangati kerja kepengurusan BAZNAS yang dilantik Presiden melalui Menteri Agama pada 30 Desember 2020 lalu. “Saya mohon juga nanti di dalam pengurusan ini dibagi, ada distribusi pekerjaan. Sehingga semua bisa berjalan dengan baik. Kita mulai melakukan kerja cepat, tepat, manfaat. Al-ajru bi qadri al-ta’ab (upah dan pahala tergantung kualitas dan kuantitas usaha). Pahala itu tergantung capek-nya serta asas manfatnya,” ucap Wakil Presiden.

     

    Kiai Ma’ruf juga meminta BAZNAS agar terus menghasilkan kerja dengan produktivitas yang tinggi. “Nah, kerja yang produktif ini yang yang harus kita ciptakan seperti apa? Salah satunya, bagaimana menaikkan zakat itu jangan 10 persen, 20 persen. Kalau bisa 100 persen. Supaya kerjanya semangat. Karena bikin target itu 100 persen, nanti capaiannya cepat. 

     

    Dan jangan lupa berikhtiar dan berdoa meminta pertolongan Allah, agar supaya kita dipermudah.  Jadi yang terpenting kerja kerasnya, strategi yang tepat dan kompak,” kata Wapres.

    KH Ma’ruf Amin pun menyampaikan ucapan selamat pada pengurus BAZNAS 2020-2025. 

     

    “Saya sampaikan selamat atas terpilihnya pengurus yang baru 2020-2025. Selamat karena telah dilantik, sehingga tentu sekarang harus bekerja dengan baik dan lugas,” ujar dia.

     

    Sementara itu, Ketua BAZNAS, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, menyambut baik arahan Wakil Presiden. 

     

    “Selanjutnya yang ingin kami sampaikan Pak Kiai, BAZNAS yang lalu telah melakukan kegiatan-kegiatan dan kinerja yang sangat bagus. Sehingga, alhamdulillah, peningkatan target BAZNAS terus-menerus dicapai,” kata Prof. Noor Achmad.

     

    Ketua BAZNAS menambahkan, rata-rata peningkatan capaian target sebesar 25 %-30 % setiap tahun, sejak tahun 2015 sampai 2020. “Target kami tahun yang akan datang itu, tidak hanya 30 persen, tetapi sudah bisa meningkat. 

     

    Mudah-mudahan sampai dengan 100 persen. Bahkan target kami sekarang ini, BAZNAS secara nasional baru mencapai 385 miliar rupiah, maka insya Allah mudah-mudahan tahun 2021 ini sudah mendekati 550 miliar rupiah. Kemudian tahun 2022 di atas 1 triliun rupiah,” ujar Ketua BAZNAS.

BAYAR ZAKAT