Optimalkan Pemasaran Produk Mustahik, BAZNAS Luncurkan Program ZCoffee

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 11/01/2023
  • Dokumentasi BAZNAS RI


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan Cafe ZCoffee sebagai upaya optimasi dan pemasaran produk mustahik dengan membuat minuman kopi yang berlabel ZCoffee.

    Peluncuran Cafe ZCoffee tersebut merupakan rangkaian dari peringatan HUT BAZNAS ke-22 yang diselenggarakan di Gedung BAZNAS RI, Rabu (11/1/2023). Turut hadir Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, Pimpinan BAZNAS RI, serta seluruh amilin dan amilat BAZNAS RI.

    "Alhamdulillah, dengan hadirnya ZCoffee ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya BAZNAS dalam meningkatkan pendapatan petani kopi serta dapat mengatasi kemiskinan dan pengangguran dengan menyediakan lapangan kerja baru," ujar Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA. 

    Menurutnya, beberapa outlet dan Cafe ZCoffee telah dibangun sebagai proyek percontohan. Salah satu titik Cafe ZCoffee tersebut yaitu di Gedung BAZNAS RI. Hal ini sekaligus akan memberikan penguatan branding dan informasi produk mustahik binaan di dalam gedung BAZNAS RI. 

    "Nantinya Cafe ZCoffee ini akan menjual berbagai kopi dan produk lain dari mustahik binaan BAZNAS kepada seluruh amil dan tamu yang berkunjung ke BAZNAS, baik muzaki, amil, BAZNAS Daerah, Mitra BAZNAS, dan stakeholder lainnya," jelasnya. 

    Cafe ini juga digunakan sebagai etalase produk-produk mustahik BAZNAS yang dijual secara online maupun offline.

    "Dengan adanya Cafe ZCoffee ini diharapkan bisa menjadi salah satu media publikasi dan sosialisasi produk-produk mustahik binaan BAZNAS," ujar Noor.

    Selain itu, kata Noor, Cafe ZCoffee ini tentunya dapat menjadi salah satu fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk menyediakan berbagai kebutuhan dan melayani berbagai tamu atau pengunjung, termasuk amil yang berada di gedung BAZNAS.

    Sebelumnya, BAZNAS melalui Divisi Optimasi dan Pemasaran Produk Mustahik (OPPM) telah melakukan pelatihan barista bagi para mustahik yang diadakan di Rumah Roasting, Caringin, Bogor. Pelatihan diselenggarakan secara intensif, di mana para mustahik dibekali pengetahuan kopi, teknik penyajian hingga pelayanan kepada konsumen.

    Untuk diketahui, HUT BAZNAS 2023 kali ini mengambil tema "Berkah Berzakat" yang akan diperingati melalui berbagai rangkaian kegiatan seperti Lomba Kreatif Zakat, aksi simpatik di Car Free Day, Pertandingan Persahabatan dengan LAZ, hingga acara puncak pada 17 Januari mendatang yakni Khitanan Massal, Khataman Al-Quran dan Santunan Anak Yatim.

>
BAYAR ZAKAT