Kelompok Peternak Mustahik BAZNAS di Garut Bantu Renovasi Masjid dari Hasil Penjualan Ternak Kurban

  • Diposting oleh : HUMAS BAZNAS
  • Tanggal : 30/09/2021
  • Dokumentasi BAZNAS


    Sebagai ungkapan syukur atas keuntungan penjualan ternak pada Kurban 2021, Peternak mustahik dari Kelompok Barokah di Balai Ternak BAZNAS Garut ikut berkontribusi dalam pembangunan renovasi Masjid Al Karomah di Kampung Cimayif, Desa Karamatwangi, Cisurupan, Garut dengan menyisihkan hasil keuntungan penjualan ternak.

     

    "Alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi dan mendukung para kelompok peternak Mustahik di Garut yang mampu membantu renovasi Masjid dari hasil penjualan ternak kurban pada Idul Adha lalu," kata Plt. Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI Wahyu TT Kuncahyo di Jakarta, Kamis (30/9/2021).

     

    Wahyu mengatakan, hal ini membuktikan bahwa Balai Ternak BAZNAS Garut mampu memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. 

     

    "Semoga hal ini juga menjadi motivasi bagi Balai Ternak lain untuk terus bersama-sama maju sehingga mampu memberi kebermanfaatan terhadap sesama. Dalam hal ini, tim BAZNAS juga akan selalu melakukan pengawasan serta pelatihan agar para peternak mustahik lebih berdaya," jelas Wahyu. 

     

    Gagan selaku pendamping Program Balai Ternak BAZNAS Garut menyampaikan, ini merupakan inisiatif dan ucapan syukur dari peternak yang mengumpulkan sumbangan  dengan total terkumpul sebanyak Rp5.000.000,00. 

     

    "Pada momen kurban tahun ini Kelompok Barokah melakukan penjualan sebanyak 48 ekor domba dan memperoleh keuntungan sebesar Rp38.550.000,00. Dana infak ini disampaikan kepada pengurus masjid untuk selanjutnya digunakan memperbaiki masjid," katanya.

     

    Sebagai informasi, Kelompok Barokah dari Balai Ternak BAZNAS Garut merupakan salah satu titik pemberdayaan peternak mustahik sejak Desember 2018 dan kini hasil dari modal produktif yang diberikan BAZNAS melalui dana zakat sudah mulai berkembang. 

     

    Dampak secara ekonomi telah dirasakan mustahik dan dampak sosial juga dirasakan masyarakat sekitar. Selain itu melalui inisiatif berbagi ini telah terbentuk kemandirian secara mental spiritual kepada peternak. Jika dulunya menerima bantuan zakat sekarang sudah bisa berbagi kepada sekitar.

>
BAYAR ZAKAT