HUT ke 22, BAZNAS se-Indonesia Selenggarakan Khataman Quran

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 17/01/2023
  • Dokumentasi BAZNAS RI/Madinah


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan Khataman Quran 1.000 kali yang diikuti oleh BAZNAS se-Indonesia dalam rangka memperingati HUT BAZNAS RI yang ke-22.

    Pelaksanaan Khataman Quran ini telah dimulai sejak 10 Januari 2023 yang diselenggarakan secara hybrid dan diikuti oleh BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi/Kabupaten/Kota, Santri Sekolah Cendekia BAZNAS, Penerima Beasiswa Cendekia BAZNAS, Penerima Beasiswa Mahad Aly, serta Pesantren Penerima Beasiswa BAZNAS. 

    Dengan mengambil tema "Berkah Zakat: Terima Kasih Muzaki, Terima Kasih Mustahik", puncak peringatan HUT BAZNAS ke-22 menggelar Khataman Quran dengan membaca 1 juz (juz30) dengan mengikutsertakan Qori Tuna Netra dan Qori dari Komunitas Punk binaan BAZNAS RI, yang diselenggarakan di Aula Achmad Subianto Lt. 5 Gedung Kebangkitan Zakat BAZNAS RI Pusat secara live, Selasa (17/1/2023). 

    "Alhamdullah, kali ini memang agak berbeda dengan tahun lalu, peringatan HUT diawali dengan Khataman Quran yang sudah dimulai seminggu lalu, alhamdulillah sudah melebihi 1000 kali khataman yang diikuti oleh seluruh BAZNAS Provinsi/Kota/Kabupaten seluruh Indonesia, anak-anak pesantren, mahasiswa-mahasiswa di luar negeri, pimpinan BAZNAS dan hingga amilin dan amilat juga ikut membaca," ujar Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA. 

    Menurutnya, kegiatan tersebut juga menunjukkan kekompakan BAZNAS se-Indonesia dan sebagai wujud rasa syukur telah berkiprah menyalurkan dana ZIS-DSKL dan mensyiarkan dakwah zakat selama 22 tahun di Indonesia.

    Oleh karena itu, Noor mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang sudah mendorong BAZNAS untuk bangkit dan juga memberikan bantuan yang luar biasa untuk mengumpulkan zakat dari masyarakat. 

    Noor juga mengucapkan terima kasih kepada para menteri, pemangku kepentingan, para muzaki, peran media, serta seluruh pihak yang telah mempercayakan penyaluran ZIS-DSKL nya kepada BAZNAS. 

    "Kami juga tentu mengucapkan terima kasih kepada mustahik yang selama ini telah bekerja sama dengan baik dengan BAZNAS sehingga program-program BAZNAS bisa berhasil," ujarnya.

    Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI, Saidah Sakwan MA menyampaikan, kegiatan peringatan HUT ini dilaksanakan oleh seluruh komponen BAZNAS di seluruh Indonesia. 

    "Alhamdulillah, Khataman Quran ini melebihi 1.000 kali karena ekspektasi dan respon dari teman-teman melebihi dari apa yang kami miliki, ini membuat kita semangat sekali. Khataman Quran ini juga diikuti oleh para pengungsi Cianjur dengan menghkhatamkan Quran sebanyak 10 kali," ujar Saidah.

    Saidah berharap, melalui rangkaian kegiatan HUT ke-22 ini, dakhwah zakat BAZNAS disambut baik dengan gegap gempita oleh seluruh BAZNAS se-Indonesia, maupun miitra-mitra BAZNAS. "Semoga dakwah zakat kita menuju pencapaian visi menjadi lembaga utama menyejahterakan umat menjadi bagian dari apa yang kita sedang usahakan saat ini.

    Pada Khataman Quran ini, BAZNAS menghadirkan mustahik yang berhasil menjadi muzaki yaitu Sri  Agustini yang sebelumnya mendapat bantuan dari BAZNAS Sumedang dan BAZNAS Jawa Barat. Kini beliau telah menjadi muzaki dengan memberdayakan 11 orang karywan yang tujuh diantaranya merupakan disabilitas. Sri memberikan bantuan kaki palsu kepada siswa seornag siswa kelas 1 SMK Cijangkar, Ciawi, Kab. Tasikmalaya.

    Berbagai rangkaian peringatan HUT BAZNAS RI ke-22  telah diselenggarakan seperti peluncuran Cafe ZCoffee sebagai upaya optimasi dan pemasaran produk mustahik dengan membuat minuman kopi berlabel ZCoffee.

    Tidak hanya program Khataman Quran 1.000 kali, puncak HUT BAZNAS RI ke-22 juga menyelenggarakan program Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim yang juga diikuti oleh BAZNAS se-Indonesia.

>
BAYAR ZAKAT