Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menurunkan personel respon bencana banjir di Kalimantan Barat sejak Minggu (14/11). Pada hari keenam respon (19/11), tim memberikan beberapa layanan seperti dapur air, dapur umum, dan layanan dukungan psikososial bagi para penyintas banjir di Kelurahan Ulak Jaya Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Dapur umum didirikan di dua titik yaitu di RT 06 RW 02 dan RT 02 RW 02 Kelurahan Ulak Jaya, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang. Dapur umum di RT 06 mampu menyuplai makanan sebanyak 200 bungkus nasi per hari, sedangkan dapur umum di RT 02 sebanyak 140 bungkus per harinya

 

Tim Rumah Sehat BAZNAS juga memberikan layanan kesehatan di titik-titik layanan yang didirikan dan memberikan pelayanan dari rumah ke rumah untuk para penyintas banjir. Hal ini untuk mempermudah para warga mendapatkan layanan kesehatan, dikarenakan banjir yang menggenang cukup lama dapat mengakibatkan penyakit.

Selain itu tim juga memberikan layanan psikososial untuk anak-anak para penyintas banjir, harapannya layanan ini dapat memberi semangat dan mengurangi gangguan psikis akibat bencana kepada para penyintas banjir terutama anak-anak yang merupakan kaum rentan.

Sebelumnya beberapa wilayah di Kalimantan Barat digenangi banjir selama hampir sebulan, sejak Kamis (21/10). Saat ini, banjir yang menggenang beberapa wilayah di Kalimantan Barat mulai surut. BAZNAS melalui tim BAZNAS Tanggap Bencana dan Rumah Sehat BAZNAS terus membersamai para penyintas banjir di Kalimantan Barat.

Terkait