Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) dan Rumah Sehat BAZNAS (RSB) mengerahkan tiga personel respon dan dua personel medis untuk merespons bencana banjir di Kalimantan Barat. Tim berangkat sejak Minggu (14/11).

Pada hari pertama respon, tim memberikan bantuan berupa layanan kesehatan dan psikososial bagi para penyintas banjir di Dusun Balai Nanga, Desa Penyeladi, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Selain itu tim juga memberikan makanan tambahan gizi berupa susu, biskuit, dan roti. Pemberian layanan kesehatan ini bertujuan untuk menjaga kualitas kesehatan dan gizi para penyintas terutama masyarakat rentan seperti anak-anak dan orang lanjut usia.

(Layanan Kesehatan bagi Para Penyintas Banjir)

(Layanan Psikososial)

(Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak-anak terdampak)

 

Sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya sungai kapuas pada Senin (25/10) mengakibatkan banjir di wilayah Kabupaten Sanggau. Banjir mengakibatkan 4.122 orang terdampak dan 1.000 rumah terendam berada di 5 Kecamatan di Kabupaten Sanggau.

Kebutuhan mendesak saat ini adalah hygiene kit, baby kit, family kit, Logistik permakanan, dan tambahan gizi. Banjir berangsur surut tetapi beberapa dusun yang berada di tepi sungai kapuas masih tinggi dan hanya bisa dijangkau dengan perahu motor.

Terkait