Sekolah Tahfidz BAZNAS menggelar Qur’an Camp sebagai sarana memperkuat hafalan santri di Tamansari Curug Nangka, Kabupaten Bogor, 15-16 Januari 2022.

Kegiatan itu digelar selama dua hari dengan mengusung tema ‘Mengimplementasikan Ayat-Ayat Kauniyah dengan Tadabbur Alam’.

Qur’an Camp dibuka secara langsung oleh Kepala Sekolah Cendekia BAZNAS Ahmad Kamaluddin Afif, dengan menghadirkan pemateri yang memiliki kepakaran dalam Al-Quran serta motivasi untuk menghafal. Mereka yaitu Ustadz Komaruddin dari ABCo Sugesti Motivatindo serta Ustadz Hafiduddin dari Rumah Quran Ahlul Qur’an Rabbani.

Sisca Chintia, Pembina Sekolah Tahfidz BAZNAS menjelaskan bahwa Qur’an Camp menjadi media santri untuk mengakselerasikan kemampuannya, baik itu menambah hafalan maupun mengulang yang telah dihafal dengan waktu yang lebih panjang dan suasana alam terbuka.

“Program ini mengajak mereka untuk berinteraksi lebih intensif dengan Al Qur’an, karena mereka akan dipandu untuk memperlancar dan memperbaiki bacaan Al Qur’an, selanjutnya peserta juga akan didorong untuk menambah hafalan Ayat-Ayat Al Qur’an serta murojaah bagi yang sudah tuntas menghafal (khatam 30 juz), " jelasnya.

Selain itu, Sisca menambahkan bahwa dalam kegiatan Qur’an Camp Sekolah Tahfidz BAZNAS dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memaksimalkan masing-masing potensi siswa.

“Kami membagi siswa ke dalam beberapa kelompok belajar menjadi kelompok Tahsin (memperbaiki bacaan), kelompok Tahfidz (menambah hafalan) dan juga kelompok Murojaah (mengulang hafalan), " tambahnya.

Sekolah Tahfidz BAZNAS merupakan program intensif siswa pasca SMA untuk menghafalkan al-Quran 30 Juz, ratusan hadits pilihan serta keahlian lainnya yang diberikan kepada siswa yang tersebar dari seluruh Indonesia tersebut.

 

 

 

Terkait