Badan Amil Zakat Nasional melalui lembaga program Zakat Community Development (ZCD) mendampingi mustahik binaan dalam pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di Desa Palimbang Sari, Kecamatan Haur Gading, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, Selasa (27/7).

Dalam pemeriksaan kesehatan ini, BAZNAS diwakili oleh Sahabat ZCD memulai pemeriksaan dengan proses penimbangan berat badan para mustahik secara bergantian, kemudian dilanjut dengan proses pemeriksaan tekanan darah, asam urat, CDS, dan kadar kolesterol.

Hasil pemeriksaan dapat langsung diinformasikan kepada masing-masing mustahik. Bagi mustahik yang memiliki hasil pemeriksaan kurang bagus atau terdapat indikasi sakit direkomendasikan untuk menindaklanjuti dengan berobat ke puskesmas yang ada di desa Palimbang Sari.

Setelah pemeriksaan kesehatan dinyatakan selesai, lalu dilanjutkan dengan penyuluhan PHBS oleh pihak kesehatan, Dewi Yanti, dengan tema Pola Hidup Bersih dan Sehat Untuk Ibu Hamil. Dia menjelaskan pola makan yang sehat yang ada gizinya, menjaga kebersihan diri, menjaga lingkungan rumah tangga, mempunyai jamban atau WC. Lalu bagi suami hendaknya tidak merokok.

Dewi Yanti juga mengingatkan di saat kondisi pendemi agar mematuhi protokol kesehatan yaitu menerapkan 5 M yaitu Menjaga Jarak, Memakai Masker, Mencuci Tangan sebelum atau sesudah beraktivitas. Dalam kesempatan juga disampaikan pentingnya Vaksinasi Covid-19.

Sesi selanjutnya dari acara penyuluhan adalah sesi tanya jawab yang sangat antusias disimak para mustahik. Salah satu pertanyaan disampaikan mustahik yaitu Waridah, yang bertanya berencana divaksin namun ada keluhan sakit seperti TBC. Dewi Yanti menjawab untuk Ibu-ibu yang masih ada keluhan atau masih mengalami sakit seperti TBC segeralah berobat ke puskesmas sampai keluhan yang diderita sembuh terlebih dahulu. Lalu setelah dinyatakan sehat baru bisa dilaksanakan untuk vaksinasi.

Di akhir acara pihak tenaga kesehatan kembali mengingatkan kepada para mustahik bahwa kesehatan merupakan hal yang paling mahal nilainya, maka sebaiknya dijaga dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menjaga pola makan yang memenuhi gizi tidak mesti mahal yang penting mempunyai nilai gizi seperti sayur-sayuran ,buah dan lain sebagainya. Menerapkan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan memakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, memakai masker ketika beraktivitas atau dalam kegiatan yang akan dilaksanakan, menjaga jarak dalam berkomunikasi, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas.

#BAZNAS
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
#ZakatComminityDevelopment
#GerakanCintaZakat


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id