Pendidikan merupakan salah satu ikhtiar untuk mengubah nasib ekonomi keluarga. Stigma yang beredar adalah keluarga miskin kerap kesuliytan mengakses pendidikan yang layak untuk memperbaiki kualitas hidupnya.

Namun Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memiliki pandangan di mana berdoa dan berusaha merupakan salah satu kunci guna memutus mata rantai kemiskinan seperti kutipan di dalam Al-Quran.

Lahuu mu'aqqibaatum mim baini yadaihi wa min khalfihii yahfadhuunahuu min amrillaah, innallaaha laa yughayyiru maa biqaumin hattaa yughayyiruu maa bi anfusihim, wa idzaa araadallaahu biqaumin suu an fa laa maradda lah, wa maa lahum min duunihii miw waal

Artinya: "Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia." (QS. Ar-Ra'd: 11).

Penggalan ayat di atas kerap dimaknai sebagai suatu motovasi bahwa kita sebagai manusia harus selalu berusaha untuk meraih apa yang diinginkan

Ilma adalah putri dari Pak Mudatin, seorang mustahik anggota Kelompok Peternak Barokah binaan ZCD BAZNAS di Desa Purworejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gadis berusia 20 tahun itu merupakan putri bungsu dari dua bersaudara. Ia tinggal satu rumah bersama kedua orang tua dan nenek yang mengalami lumpuh, sedangkan sang kakak sudah lama merantau ke Jawa Barat demi mencari nafkah.

Bulan depan, Ilma lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA). Keinginannya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi harus terhalang keterbatasan ekonomi keluarga. Sejak naik ke kelas 12 (3 SMA) ia sudah tidak berharap banyak untuk dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, begitupun dengan orang tuanya yang seakan pupus harapan untuk menuruti keinginan putrinya tersebut.

BAZNAS melalui Sahabat ZCD, Dana, mengetahui informasi keinginan dari putri mustahik tersebut, yang kemudian melakukan dialog bersamanya dan sang ayah, Pak Mudatin. Sedangkan Ilma yang mendambakan jurusan teknik tata busana tersebut terlihat masih bimbang antara keinginan kuliah di tahun ini namun waktu sudah mepet, ataukah bekerja terlebih dahulu satu tahun ke depan.

Sahabat ZCD dalam hal ini berperan aktif merespon keinginan tersebut, dengan terus memberikan motivasi agar Ilma tidak patah semangat di tengah keterbatasan untuk terus belajar. Di sisi lain Sahabat ZCD terus berupaya membantu mencari informasi tentang perguruan tinggi, beasiswa ataupun orang tua asuh. BAZNAS akan terus berkomitmen terus mendapingi agar semangatnya terus bergelora, dan dapat menularkan semangat tersebut kepada putra putri mustahik yang lain.

#BAZNAS

#PilihanPertamaPembayarZakat

#LembagaUtamaMenyejahterakanUmat

#ZakatComminityDevelopment

#GerakanCintaZakat


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id