Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) turut berperan dalam meningkatkan pendidikan di daerah, salah satunya di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Pada 2018 lalu, BAZNAS memberikan bantuan sebanyak 11 komputer ke Madrasan Aliyah (MA) Hidayatul Mubtadiin di Desa Semukut, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, guna mendukung pendidikan di sana untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kini bantuan itu sangat berguna, saat MA melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berbasis Komputer (UAMBK), pada 17-25 Maret 2021.

UAMBK adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional yang menggunakan komputer/mobile apps sebagai media untuk menampilkan soal dan proses jawabannya. Mata pelajaran yang diujikan dalam UAMBK adalah kimia, sejarah, Al-Quran, dan hadist.

Pelaksanaan ujian menerapkan sistem online di titik kegiatan pemberdayaan ZCD BAZNAS itu diikuti 42 orang siswa kelas XII Jurusan IPA dan IPS.

Bantuan komputer tersebut dirasakan sangat bermanfaat bagi siswa siswi MA baik untuk kegiatan belajar, maupun proses kegiatan UAMBK seperti saat ini. Terutama mereka yang tidak memiliki perangkat elektronik pendukung lainnya seperti ponsel berbasis Android.

MA Hidayatul Mubtadiin juga memiliki tiga komputer tambahan lainnya, yang merupakan bantuan alumni sekolah, sehingga total komputer yang dimiliki sekolah itu berjumlah 14.

Di tengah keterbatasan jumlah komputer dan jaringan internet yang kurang stabil dikarenakan faktor cuaca serta aliran listrik sempat padam, namun tidak memadamkan semangat yang berkobar dari siswa siswi MA peserta dalam mengikuti ujian tersebut, sehingga proses pelaksaan ujian di hari kedua dapat berjalan dengan baik.

#BAZNASRI

#ZakatCommunityDevelopment

#SemestaKebajikanZakat


Terkait