Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga program Zakat Community Development (ZCD) di titik binaan Desa Purworejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengadakan pemeriksaan kesehatan dan pemberian multivitamin bagi mustahik, pada Rabu (24/2). Seperti diketahui, dalam situasi pandemi seperti saat ini, kesehatan menjadi yang terpenting, terutama bagi lansia.

Kegiatan ini berlangsung atas kerja sama ZCD BAZNAS, Yayasan Pondok Pesantren Adz-Dzikro, serta Puskesmas Pembantu (Pustu) Purworejo.

 

Sebanyak 25 orang mustahik menjadi penerima manfaat dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pembagian multivitamin ini. Mustahik yang memeriksakan diri didominasi usia lansia.

Tidak ada penyakit serius yang diderita mustahik. Kebanyakan yang diderita lansia seperti darah tinggi, badan pegal-pegal, reumatik dan lainnya. Satu orang lansia memiliki riwayat asma, sehingga menjadi keterangan tersendiri oleh tenaga kesehatan yang bertugas.

Kegiatan ini turut menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah potensi penularan virus Covid-19. Tersedia masker, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan. Selain itu, petugas kesehatan juga menggunakan alat pelindung diri.

Dengan adanya kegiatan ini, BAZNAS dan pihak desa berharap dapat memantau kondisi kesehatan para mustahik terutama para lansia serta dapat mengontrol kesehatan dan mencegah resiko penyakit.

#BAZNASRI
#ZakatCommunityDevelopment
#SemestaKebajikanZakat


Terkait