Sejak diluncurkannya program Lembaga ZCD BAZNAS di Hutan Wakaf Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa tengah pada November 2020 lalu, program yang dijalankan di titik ini terus berkembang hingga kini, melalui semangat para mustahik.

Program yang dijalankan di Desa Cibunian ini antara lain adalah budidaya stingless bee (lebah yang tidak menyengat), pembentukan Kampung Tanggap Bencana, dan pembangunan saung edukasi. BAZNAS membentuk kelompok baru yaitu Kelompok Budidaya Ikan Mas, pada Senin (15/2). Program-program yang dibentuk sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masyarakat desa tersebut.

Kelompok ini diberi nama Kelompok Berkah Bersama. Pada keesokan harinya, Kelompok Berkah Bersama menggelar musyawarah dan melakukan pembangunan kolam ikan di Area Hutan Wakaf I. Kolam ini merupakan kolam sederhana, gunanya bukan hanya untuk pengembangan usaha budidaya ikan, namun juga dapat memelihara keasrian serta merawat Area Hutan Wakaf I.

Perencanaan kolam ikan ini dibuat sebanyak 2 kolam yang masing-masing berukuran 2,5 meter × 1,5 meter dan memiliki daya tapung 50 kilogram bibit ikan mas. Pembuatan kolam ikan ini nantinya akan dibantu oleh Kelompok Mustahik Giat Bersama Lebah Trigona.

#BAZNASRI

#ZakatCommunityDevelopment

#SemestaKebajikanZakat


Terkait