Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program Zakat Community Development (ZCD) membantu para pemuda desa dalam merenovasi Rumah Baca di Kampung Zakat Talaga Jaya, Kecamatan Wasile Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, Kamis (15/2).

Kegiatan renovasi yang turut didampingi sahabat ZCD ini adalah proses pengecatan yang difokuskan pada bagian dalam bangunan, kemudian dilanjutkan pada bagian luarnya. 

Terdapat beberapa item kebutuhan yang dibeli untuk proses renovasi, seperti cat tembok, kuas roll, handle pintu, handle jendela, paku, dan peralatan listrik. Berdasarkan timeline kerja yang telah dibuat oleh para pemuda desa ini, ditargetkan renovasi ini akan rampung pada bulan Maret dan sudah dapat digunakan, setelah seluruh perlengkapan telah disediakan.

Rumah baca ini sebelumnya adalah bangunan lama TPQ yang sudah tidak digunakan lagi oleh pihak desa, sehingga untuk sementara bangunan ini diserahkan kepada pemuda untuk dimanfaatkan menjadi rumah baca.

Rencana selanjutnya, Sahabat ZCD juga akan membuat usulan rencana pengadaan buku bacaan dan perlengkapan lain seperti rak buku.

"Harapannya semoga rumah baca ini dapat bermanfaat bagi anak-anak dan pemuda untuk pelaksanaan kegiatan literasi di Kampung Zakat Talaga Jaya," tutur Sahabat ZCD, Sunarto.

#ZakatCommunityDevelopment

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait