Demi mengembangkan Kampung Wisata Edukasi Kuliner di Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Jawa Barat, BAZNAS meatih Kelompok Usaha Bersama (KUB) Cewer Legen membuat abon ayam pada Kamis (11/2). Pelatihan ini merupakan salah satu langkah awal bagi mereka untuk mendirikan usaha bersama dalam hal pengolahan makanan.

Kegiatan itu berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah Ciwaringin dan didampingi Sahabat ZCD serta dihadiri 10 orang mustahik sebagai peserta pelatihan dan tim dari Kelurahan Jaya Mekar sebagai pengawas. Pelatihan dimulai pada pagi hari dan mendatangkan pelatih yang merupakan seorang pengusaha abon di Kecamatan Citamiang Sukabumi, Neneng.

Kegiatan dimulai dengan pemberian teori dasar cara membuat abon dan dilanjutkan dengan praktik. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan abon ini yaitu ayam sebanyak 10 kg, bumbu penyedap, gula pasir, minyak, dan bawang goreng.

Adapun cara pembuatannya, yaitu ayam dicuci bersih, kemudian direbus dalam air yang sudah diberi bumbu, diungkep sampai matang, lalu ditiriskan. Ayam yang sudah tiris kemudian disuwir-suwir kecil sambil menumis bumbu yang dihaluskan, lalu masukkan ayam suwir, masak hingga kering. Kemudian seteleh matang dan kering, abon dimasukkan ke dalam alat penyaring minyak (spiner), setelah itu diaduk dengan bawang goreng dan dikemas.

Abon yang dihasilkan dari pelatihan ini dibagikan dan dikonsumsi oleh masyarakat  RW 06, Kelurahan Jaya Mekar terlebih dahulu sebagai tester. Selanjutnya, para mustahik akan melakukan produksi secara mandiri dan berniat untuk dipasarkan secara offline dan online.

BAZNAS berharap dengan adanya pelatihan pembuatan abon ini, dapat meningkatkan kegiatan ekonomi dan produktivitas para mustahik agar lebih berkembang lagi dalam kemampuan pengolahan makanan, sehingga kedepannya dapat memperbaiki perekonomian mereka.

#ZakatCommunityDevelopment

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait