Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang memberikan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) kepada 14 mustahik yang tergabung di Kelompok Nurul Hidayah Desa Cendana, Kecamatan Cendana, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, pada Rabu (10/2).

Kelompok Nurul Hidayah adalah kelompok mustahik ibu-ibu yang terintegrasi dengan Kelompok Ternak Cendana Sejahtera. Kelompok ini terbentuk untuk memaksimalkan produk aneka olahan susu dan menunjang pemanfaatan susu yang dihasilkan oleh kelompok ternak mustahik.

Penyuluhan Keamanan Pangan ini diadakan sebagai langkah awal tahapan pembuatan izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) produk Kelompok Nurul Hidayah. Produk yang telah diproduksi oleh Kelompok Nurul Hidayah di antaranya adalah dangke, keripik dangke, kerupuk susu kelor, dodol susu, kacang telur susu, kacang sembunyi susu, sistik, mozarella, karamel susu, kefir, dan susu pasteurisasi.

Penyuluhan ini didampingi langsung oleh Sahabat ZCD dan menghadirkan Sekretaris Dinas Kesehatan Kab Enrekang, Bapak Syaril sebagai penyuluh. "Dengan adanya penyuluhan ini, para mustahik dapat menambah banyak wawasan mengenai keamanan pangan dan bagaimana syarat rumah produksi yang baik," ucap Sahabat ZCD, Budi Arsyah.

Kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan pemahaman para mustahik terkait kelayakan produksi dan kesehatan produksi yang dihasilkan. Setelah penyuluhan ini, Dinas Kesehatan akan melakukan pemeriksaan fasilitas rumah produksi sebagai syarat penerbitan PIRT.

BAZNAS berharap dengan adanya penyuluhan dan penerbitan PIRT ini mampu meningkatkan penjualan produk-produk yang dihasilkan oleh mustahik, sehingga semakin berdaya dibidang ekonominya.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait