Salah satu upaya yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk menjaga ketahanan pangan untuk para mustahik dari ketiadaan lahan pertanian adalah dengan menginisiasi adanya program instalasi hidroponik.

BAZNAS melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) membantu proses instalasi penanaman dengan sistem hidropinik di Dusun Saloalla, Desa Bawalipu, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Didampingi oleh Sahabat ZCD, para mustahik mengadakan kegiatan pertemuan dan pemindahan bibit/semaian hidroponik ke instalasi hidroponik pada Jumat (05/2). Kegiatan dihadiri oleh 4 orang mustahik, 5 remaja masjid, dan 2 fasilitator dari Yayasan Econatural Society yang memberi pemahaman tentang hidroponik kepada mustahik.

Sebanyak 208 bibit sayur kangkung, bayam, dan sawi dipindahkan ke lubang instalasi hidroponik oleh para mustahik. Semoga adanya instalasi hidroponik ini, ke depannya dapat menjadi media belajar sekaligus mengajak para mustahik untuk mulai mandiri dalam penyediaan bahan pangan dengan menanam sayuran sendiri.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait