Kelompok usaha Putri Berdikari Batik program Eco-Fashion Community binaan Lembaga Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS dan Yayasan Sahabat Pulau Indonesia memberdayakan ibu-ibu perajin batik di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Selain kegiatan usaha membatik dengan menggunakan pewarna alam, ibu-ibu perajin juga melakukan serangkaian agenda dalam menjaga lingkungan. Satu dari sekian kegiatan yang dilakukan dalam menjaga lingkungan adalah pengolahan limbah potongan kain batik.

Produksi batik berbanding separuh dengan jumlah limbah diolah pada waktu-waktu tertentu. Kegiatan pengolahan limbah masuk dalam visi-misi program eco-fashion community.

"Memang benar, bahwa program eco-fashion community ini menjaga lingkungan dari limbah dan bahkan mengingatkan setiap perajin untuk menjaga sikap agar tidak merusak lingkungan," kata Sahabat ZCD, Musyawir.

Terdapat 5,6 kg limbah kain batik yang sudah dikumpulkan, yang kemudian dipilih dan dipilah berdasarkan ukurannya. Pemilahan ukuran sisa potongan kain akan menyeleksi limbah potongan kain menjadi bahan-bahan olahan lainnya. Sebanyak 3,6 kg limbah potongan kain batik yang berukuran paling kecil, dijadikan bahan dasar ecobrick (batu bata ramah lingkungan) oleh anak-anak mustahik di Rumah Baca Harapan Desa Sumurgung pada Selasa (2/2).

Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Ecobrick ini adalah teknologi berbasis kolaborasi yang menyediakan solusi limbah padat tanpa biaya untuk individu, rumah tangga, sekolah, dan masyarakat.

Kegiatan pengolahan limbah kain batik pewarnaan alami ini merupakan alternatif pendidikan berbasis lingkungan untuk anak-anak. “Pengetahuan advokasi lingkungan yang ditumbuhkan pada diri anak-anak sejak dini adalah cara bagaimana kita menjaga ekositem darat dari kerusakan akibat perilaku kehidupan kita yang tidak pro pada lingkungan sekitar,” kata salah satu volunteer Sahabat Pulau Indonesia, Muzi.

 

#ZakatCommunityDevelopment

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait