Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) menggelar pelatihan pengolahan rumput laut di Desa Bawalipu, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan pada Kamis (28/1).

Bersama BAZNAS Luwu Timur, kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Sekretariat Himpunan Generasi Muda Islam Masjid Jabal Rahmah Desa Bawalipu dan didampingi langsung oleh Sahabat ZCD. Kegiatan dihadiri oleh Wakil ketua II BAZNAS Luwu Timur, Drs. Sutawar; Kepala Desa Bawalipu, Solihin B. Kaniyu; Ketua BPD Desa Bawalipu; Gufri S.Ag; Kepala Bidang Pendayagunaan BAZNAS Luwu Timur, Muh. Nur Kholis; Ketua Himpunan Generasi Muda Islam, Anjas Jafar; dan Remaja Masjid.

Sebanyak 28 mustahik dari 3 kelompok mustahik yakni, 2 kelompok Ibu-ibu rumah tangga Dusun Salualla, Dusun Saluborro, dan Dusun Sambote, dan 1 kelompok remaja masjid mengikuti pelatihan ini. Selain pelatihan pengolahan rumput laut berupa pembuatan brownies rumput laut, es rumput laut, dan stik rumput laut, pelatihan sayur hidroponik dan magot juga dilakukan.

Sahabat ZCD, Ramli mengatakan pada pelatihan ini dibagi menjadi beberapa tahap, untuk tahap awal ini peserta mengikuti pelatihan bagaimana pengolahan rumput laut dan juga managemen kelompoknya.

"Ketika tahap demi tahap sudah dilakukan, Insya Allah di pertengahan bulan kita akan dilaksanakan launching program ZCD ini" lanjutnya.

Sementara kepala Desa Bawalipu, Solihin B. Kaniyu sangat mengapresiasi program yang dijalankan oleh BAZNAS tersebut.

"Kami sangat senang dan mengapresiasi dengan Program BAZNAS yang ada di Desa Bawalipu, kita semua berharap masyarakat kami yang ikut dalam program ZCD ini bisa mandiri dan meningkat perekonominya serta bermanfaat untuk desa kami," ucap Solihin.

BAZNAS berharap kegiatan pelatihan ini menjadi awalan yang baik untuk produktivitas para mustahik Desa Bawalipu, sehingga mampu mengembangkan potensi mereka dan dapat membantu meningkatkan perekonomian.

#ZakatCommunityDevelopment

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait