Peternak mustahik binaan ZCD BAZNAS di Desa Centai, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, bersuka cita menyambut kelahiran seekor anak kambing betina dari indukan kambing milik salah satu peternak mustahik Kelompok Centai Berkah Muzakki, Syafi'i (63) pada Kamis (21/1) dan disusul kelahiran 2 ekor anak kambing jantan dan betina, dua hari berselang. 

Kepala Lembaga ZCD BAZNAS, Tatiek Kancaniati mengatakan, kelahiran tiga anak kambing ini selain menambah populasi ternak di Kabupaten Kepulauan Meranti, diharapkan juga dapat menambah motivasi mustahik dalam beternak.

"Semoga dengan adanya ternak kambing ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi mereka," katanya.

Syafi'i sangat bersyukur atas kelahiran anak kambing ini dan kini jumlah populasi kambing miliknya berjumlah 16 ekor yang terdiri dari 8 ekor jantan dan 8 ekor betina. Selain bertenak kambing, Syafi'i juga bekerja sebagai petani karet untuk menambah penghasilan ekonominya.

Dalam pendampingan, Sahabat ZCD juga tidak pernah absen untuk terus memantau dalam perawatan dan pengecekan kesehatan ternak milik mustahik. Pemberian obat dan vitamin juga dilakukan secara rutin, sehingga kesehatan dan perkembangan ternak kambing milik para mustahik Kelompok Centai Berkah Muzakki terpantau dengan baik.

Program Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS adalah program pengembangan komunitas dengan mengintegrasikan aspek sosial dan aspek ekonomi secara komprehensif yang pendanaan utamanya bersumber dari zakat, infak, dan sedekah, untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dan mandiri. Salah satu aspek ekonomi yang diterapkan adalah adanya pembentukan dan pengembangan kelompok mustahik ternak.

#ZakatCommunityDevelopment

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait