Lembaga Zakat Community Development (ZCD) bersinergi dengan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) dalam pembentukan program Kampung Tanggap Bencana (KATANA) di Kampung Muara, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Program tersebut dibentuk lantaran Desa Cibunian merupakan desa yang rawan terjadinya bencana.

Pada Sabtu (21/1), warga Kampung Muara, Desa Cibunian melaksanakan aksi giat simulasi kebencanaan dan pengukuhan KATANA. Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari perangkat desa dan masyarakat setempat, yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan simulasi.

Hadir dalam kegiatan Kepala Lembaga ZCD, Tatiek Kancaniati; Kepala BTB, Dian Amanda Aditya; Sekretaris Desa, Destana, Ketua RW, tim ZCD, tim BTB RI, tim BTB Bogor, tim BTB Banten, anggota KATANA, para mustahik, dan warga setempat.

Kepala Lembaga ZCD, Tatiek Kancaniati mengatakan bahwa pentingnya pembentukan KATANA Desa Cibunian ini untuk penguatan kader lokal, guna tanggap dalam kondisi desa yang rentan terhadap kebencanaan, juga menjadikan desa yang tangguh.

"Terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Kampung Muara atas kerjasamanya, serta kepada BTB yang mau memfasilitasi kegiatan ini" lanjutnya

Sebanyak 32 anggota KATANA yang dikukuhkan oleh Sekretaris Desa, dilanjutkan dengan serah terima perlengkapan kebencanaan berupa helm, sepatu booth, perlengkapan medis, alat komunikasi, kentongan, dan peta kebencanaan. Diakhiri dengan pemasangan plang Kampung Tanggap Bencana BAZNAS sebagai tanda adanya program KATANA di desa ini.

BAZNAS berharap semoga program ini dapat menjadi contoh untuk warga desa lainnya dalam memberikan respon apabila sewaktu-waktu terjadi musibah atau bencana di daerah sekitarnya.

#ZakatCommunityDevelopment

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait