Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Pemerintah Desa Sambik Elen melakukan penanaman bibit pohon di salah satu titik implementasi ZCD Dusun Sambik Elen 2, Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini untuk mendorong masyarakat, khususnya mustahik secara bersama-sama melestarikan lingkungan sekitar.

Penanaman pohon dilakukan secara simbolis oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Lombok Utara , TGH. Syu'aib, M.MPd dan dihadiri oleh Pemerintah Desa Sambik Elen, M. Harlan, S.Sos; Kepala Dusun Sambik Elen 2, M. Mustari, S.Sos, Sahabat ZCD dan para mustahik.

"Selain lingkungan yang semakin lestari, harapannya keberadaan pohon-pohon ini nantinya dapat memberikan inspirasi kepada para mustahik untuk dapat melakukan kegiatan usahanya dengan memanfaatkan hasil pohon yang telah ditanam, sehingga perekonomian mustahik akan lebih berdaya lagi," kata Sahabat ZCD.

Sebanyak 80 bibit pohon yang ditanam, didapatkan langsung dari Kelompok Tani Desa Sambik Elen. Macam-macam bibitnya antara lain 30 bibit pohon mete, 20 bibit pohon nangka, 20 bibit pohon jati putih, dan 10 bibit pohon durian.

Kegiatan ini merupakan salah satu kontribusi kecil namun berdampak besar yang dilakukan oleh BAZNAS, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon serta berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan hutan dan lingkungan alam yang baik dan lestari.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait