Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) menginisiasi program pemberdayaan berbasis pesantren di Pondok Pesantren Nurul Huda, Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Salah satu program yang dijalankan adalah adanya kelompok ternak bernama Kelompok Ternak Domba Enha Farm yang terdiri dari 10 mustahik dengan total bantuan sebesar Rp150.000.000.

Demi kelancaran dalam penguatan kelompok ini kedepannya, Senin (28/12) Sahabat ZCD mendampingi Muhdir selaku ketua dan Kasan sebagai bendahara Kelompok Ternak Domba Enha Farm untuk membuat rekening kelompok di Kantor BNI Cabang Purwokerto, Jawa Tengah.

Dengan adanya pembuatan rekening kelompok ini mustahik akan lebih mudah untuk langsung menerima bantuan modal, menyimpan hasil penjualan, dan juga digunakan sebagai tabungan bersama.

Buku rekening yang telah dibuat, akan disimpan di brankas arsip Sahabat ZCD. Hal ini agar mempermudah para mustahik untuk berkoodinasi langsung dengan Sahabat ZCD dan Yayasan Syamsul Maarif selaku mitra BAZNAS.

"Hasil penjualan domba bulan September 2020 lalu sebesar Rp12.879.000, langsung mereka (mustahik) masukan ke dalam rekening yang baru ini. Insya Allah dengan adanya rekening kelompok, dapat mempermudah dalam mengelola dan menyimpan keuangan mereka" tutur Sahabat ZCD Aufa.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait