Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) menggandeng Dinas Perikanan Kabupaten Raja Ampat dalam menjalankan program pemberdayaan desa berbasis pesisir di salah satu titik binaan ZCD BAZNAS di Kampung Harapan Jaya, Distrik Misool Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Pada Kamis (24/12), Sahabat ZCD bersama Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Raja Ampat, mendiskusikan penyusunan program pemberdayaan di tahun 2021 di Kampung Harapan Jaya. Program yang akan dijalankan berupa peningkatan kapasitas untuk UMKM di Kampung Harapan Jaya dan pelatihan-pelatihan untuk para mustahik nelayan.

Koperasi yang telah dibentuk di Kampung ini juga mendapatkan keringanan dalam pendistribusian ikan, yaitu untuk ikan oci menjadi Rp500 per kilogram dari Rp1000 per kilogram. Hal ini sangat menguntungkan bagi para nelayan karena selain menghemat biaya jalan juga mempermudah dalam pendistribusian.

Sahabat ZCD akan terus melakukan komunikasi dengan Dinas Perikanan agar kolaborasi ini tetap berjalan. Sinergi dalam program pemberdayaan seperti ini sangat positif dan membantu mustahik, terlebih dalam mempermudah masyarakat khususnya mustahik dalam meningkatkan produktivitasnya.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait