Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) aktif melaksanakan kegiatan pemberdayaan budi daya pisang di Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Budi daya pisang yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Berkah ini sudah berjalan selama satu tahun dan telah panen mulai dari November 2020 dengan kapasitas panen 50 tandan per bulan.

Pada Sabtu (2/1), Sahabat ZCD bersama 10 mustahik melakukan kegiatan monitoring dan pemupukan tanaman pisang. Luas lahan kelompok seluas 12.000 meter dengan jumlah tanaman pisang sebanyak 2.500 pohon. Lahan kelompok dibagi menjadi 2 lokasi, yaitu lahan 1 seluas 8.000 meter dan lahan 2 seluas 4.000 meter.

Sebanyak 700 pohon pisang sudah diberikan pupuk kandang yang dibeli dari peternak sekitar Desa Cemplang. Di sela-sela tanaman pisang juga ditanam pepaya bunga oleh para mustahik yang dapat dipanen setelah 3 bulan untuk menambah pendapatan kelompok.

Selain kegiatan monitoring yang rutin dilakukan, para mustahik juga setiap seminggu sekali melaksanakan kerja bakti dan pertemuan kelompok. Kerja bakti dilaksanakan pada pagi hari, kemudian dilanjutkan pertemuan kelompok. Biasanya pertemuan kelompok ini membahas tentang kegiatan kelompok berupa panen pisang dan kegiatan pemupukan tanaman.

#ZakatTumbuhBermanfaat
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait