Kopi merupakan minuman sejuta umat. Hal tersebut tidak diragukan lagi sebab telah banyak berdiri kedai kopi di dunia. Secangkir kopi dihasilkan melalui proses yang sangat panjang. Mulai dari teknik budidaya, pengolahan kopi pasca panen, penyimpanan kopi, hingga penyajian akhir. Proses pengolahan kopi dari hulu ke hilir akan sangat mempengaruhi kualitas cita rasa kopi nantinya.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Development Community (ZCD) terus berupaya mendampingi usaha kelompok pengolah kopi di Desa Bringinsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.  Pada Selasa (11/10/2020) Sahabat ZCD dan ketua kelompok pengolahan kopi melakukan pertemuan bersama salah satu mustahik, Trisno untuk berkoordinasi terkait proses pengolahan kopi yang berkualitas di tempat pengolahan kopi Desa Kabunan Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Tahapan pengolahan kopi berawal dari pemanenan. Pada umumnya kematangan buah kopi terjadi secara tidak serentak. Oleh karena itu, pemetikan dilakukan hanya pada buah yang telah berwarna merah penuh atau telah matang sempurna. Kemudian dilakukan sortasi buah kopi. Sortasi ini bertujuan memisahkan buah yang superior dari buah inferior (cacat, hitam, pecah, berlubang, dan terserang hama/ penyakit). Selanjutnya, buah direndam dalam air. Buah kopi yang tenggelam adalah kopi yang akan dioleh ke proses selanjutnya.

Buah kopi yang tenggelam merupakan biji kopi yang bagus dan berkualitas yang selanjutnya akan diproses dengan teknik pengolahan kopi  fullwash process, honey process, natural process, dan natural wine process. Keempat teknik pengolahan kopi  tersebut diharapkan akan menghasilkan biji kopi dengan nilai jual tinggi dibandingkan dengan teknik pengolahan kopi biasa.

Dengan adanya pendampingan sahabat ZCD ini, diharapkan mampu menghasilkan biji kopi yang berkualitas dan dapat meningkatkan nilai jual. BAZNAS juga berharap mustahik akan tetap terus bersemangat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

 

#ZakatCommunityDevelopment

#ZCDBAZNAS

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait