Zakat Community Development (ZCD) adalah salah satu lembaga program pemberdayaan BAZNAS yang telah disahkan menjadi sebuah lembaga sejak Tahun 2018. Program Zakat Community Development dijalankan dengan pembentukan komunitas yang mengintegrasikan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan secara komprehensif dengan sumber pendanaan yang berasal dari zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya.

Dalam pelaksanaannya, program Zakat Community Development mengangkat seorang fasilitator atau mitra lokal dengan sebutan Sahabat ZCD. Sahabat ZCD memiliki tugas untuk mendampingi mustahik dalam proses pemberdayaan serta memastikan kegiatan program berjalan sesuai perencanaan dan peruntukannya sesuai Matrik Perencanaan Program (MPP). Sehingga Sahabat ZCD dapat menjadi leader, penggerak, motivator dan mendampingi serta dapat memecahkan masalah yang dialami mustahik dan masyarakat pada umumnya.

Maka dari itu untuk meningkatkan kapasitas Sahabat ZCD, Lembaga Pendayagunaan Zakat Community Development BAZNAS mengadakan pelatihan secara virtual selama lima hari mulai Senin (5/10/2020) hingga Jum’at (9/10/2020).

Berbeda dari pelatihan Sahabat ZCD tahun lalu, pelatihan ini digelar secara virtual mengingat karena adanya pandemi Covid-19 sehingga acara tidak memungkinkan untuk dilakukan secara offline atau tatap muka. Namun hal ini tidak mengurangi semangat dan antusiasme para peserta untuk mengikuti pelatihan virtual.

Acara pelatihan kali ini mengangkat tema “Menguatkan Pemimpin Berjiwa Pemberdaya yang Produktif dan Solutif”. Sesuai dengan temanya, Zakat Community Development BAZNAS berharap pelatihan ini dapat membangun jiwa Sahabat ZCD menjadi lebih produktif dan solutif. Peserta pelatihan diikuti sebanyak 72 Sahabat ZCD yang tersebar di 110 desa dari 27 provinsi di seluruh Indonesia.

Fokus pelatihan kali ini adalah memberikan edukasi terkait program pemberdayaan BAZNAS, penguatan tentang program Zakat Community Development, teknik partisipatif, teknik fasilitator pemberdayaan, serta teknik pemberdayaan dengan memaksimalkan potensi alam. Selain itu peserta juga diajak untuk berdiskusi bersama saat praktik pembuatan timeline aktifitas harian.

Pelatihan ini didukung oleh berbagai narasumber yang berasal dari berbagai praktisi internal maupun eksternal BAZNAS yang berpengalaman di bidangnya. Dalam kegiatan ini peserta merasakan output yang didapatkan seperti, Sahabat ZCD mampu memahami proses alur kerja dan tahapan pelaporan sesuai standar SOP Zakat Community Development, membangun kembali jiwa pemberdayaan, memiliki pemahaman peran pemimpin dalam kehidupan pemberdayaan, mampu mengimplemantasikan semangat zakat, serta mampu membangun keikut sertaan masyarakat melalui kelembagaan lokal.

Selain penyampaian materi, pada akhir acara, Jum’at (9/10/2020) diselenggarakan Sahabat ZCD Award. Acara ini diadakan dalam rangka pemberian apresiasi kepada Sahabat ZCD yang telah memberikan kontribusi terbaiknya selama 1 tahun belakang, serta untuk memotivasi semua Sahabat ZCD agar terus berusaha memberikan pendampingan yang terbaik untuk mustahik baik dalam pelaksanaan program di lapangan dan juga ketertiban dalam administrasi pelaporan.

#ZakatCommunityDevelopment
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait