Membangun pasar desa merupakan salah satu alternatif bagi desa untuk membangun putaran ekonomi domestik (internal) desa. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) secara perdana menyelenggarakan pasar di Desa Bo’ne Buntu Sisong, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Rabu (12/3/2020). yang diikuti sekitar 15 orang pedagang.

Pasar ini disebut Pasar Tondok Lemo atau biasanya orang mengenal dengan sebutan Pasar BAZNAS karena lokasinya berada di kawasan wisata kopi yang merupakan wilayah pemberdayaan program ZCD BAZNAS. Di pasar tersebut yang diselenggarakan setiap hari rabu, masyarakat desa memperjual belikan hasil buminya, seperti kacang tanah, jeruk nipis, labu, cabai, bawang merah, daun bawang, dan lain-lain. Tidak hanya itu, warganya juga ada yang menjual makanan siap santap dan kebutuhan sandang.

Uniknya, dalam pasar ini ketika ada warga yang tidak mampu membeli barang dengan uang, mereka akan melakukan barter dengan jumlah nilai uang yang sesuai. Hal ini dimaksudkan agar aktivitas jual beli di pasar tetap berjalan dan masyarakat bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Pasar Tondok Lemo ini diinisiasi oleh Sahabat ZCD sebagai pendamping program yang bekerjasama dengan pemerintah desa. Konon, sejak dulu pemerintah desa ingin membuat pasar desa namun mereka beranggapan bahwa dibentuknya pasar harus memiliki bangunan fisik. Menanggapi hal tersebut, Sahabat ZCD memberikan saran bahwa pasar tetap bisa berjalan tanpa adanya bangunan fisik, karena yang terpenting adalah adanya transaksi antara penjual dan pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar.

Warga yang menjual barang dagangannya tidak hanya mustahik ZCD, namun juga ada dari masyarakat pada umumnya. Dalam hal ini, mereka tidak dipungut biaya.

Pasar ini dibentuk karena jauhnya akses masyarakat menuju pasar. Selain itu, banyak hasil bumi dari Desa Bo’ne Buntu Sisong yang hanya dikonsumsi sendiri. Dengan adanya pasar ini, akses masyarakat untuk mendapatkan bahan pokok menjadi lebih mudah dan diharapkan warga bisa memasarkan hasil bumi atau produk-produknya sehingga mereka memiliki tambahan pendapatan.

Program pemberdayaan ZCD tidak hanya fokus pada bidang ekonomi, namun juga pada empat bidang lainnya, yaitu dakwah, kesehatan, kemanusiaan, dan pendidikan. Dalam bidang dakwah, ZCD melakukan berbagai aktivitas keagamaan melalui aktivitas TPQ usia dini, pengentasan buta huruf al-Qur'an, pengajian rutin mingguan, tahfidz al-Qur'an dan pembentukan kelompok remaja masjid.

Pasar Tondok Lemo ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakatnya, mengembangkan potensi ekonomi kemasyarakatan dan menjadikan kepentingan kemandirian dan pemberdayaan dalam membangun desa sebagai cita-cita bersama.


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: layananmuzaki@baznas.or.id

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id