Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melaksanakan edukasi dan pelatihan seputar budidaya ikan dalam ember yang dipadukan dengan akuaponik kangkung di Kelompok Berkah lele Kp Bakung RT 001/004, Desa Karangpatri, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Selasas (19/5/2020).

Kegiatan diikuti oleh 6 orang peserta yang merupakan mustahik binaan program Mustahik Pengusaha. kegiatan dilakuan dengan pemberian materi singkat mengenai prinsip dan teknis pembuatan, cara pemeliharaan, hingga jadwal panen. kegiatan dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan budikdamber yang dibina langsung oleh Ust Yusuf selaku ketua kelompok Berkah lele dan didampingi oleh Arif Rahman selaku pendamping kegiatan. Sehari sebelumnya telah dilakukan percobaan singkat membuat budikdamber ini dari pendamping ke ketua kelompok agar pelatihan hari ini berjalan dengan baik.

Melihat aliran informasi yang berjalan cepat, informasi tentang budikdamber ini telah sampai ke kelompok sebelumnya. Kelompok telah berinisiatif untuk mencoba teknik budidaya ini secara mandiri dengan menanam kangkung dalam gelas plastik. kelompok menggunakan busa sofa bekas sebagai media tanam dan gabus bekas sebagai tempat untuk gelas plastik agar berdiri tegak dan tetap mengapung. yang selanjutnya diapungkan di kolam bioflok mereka. Hasilnya cukup membuat mereka tertarik untuk mengenal lebih jauh mengenai teknik budidaya ini. Dari gelas-gelas tersebut mulai tumbuh bibit-bibit tanaman kangkung hasil semaian. Pada umur 8 hari semenjak ditanam, tanaman kangkung sudah terlihat meninggi.

Pada kesempatan kali ini, ustad Yusuf turun langsung menjelaskan tata cara dan proses pembuatan media untuk Kegiatan budikdamber ini. Dengan pengalaman nya di bidang ternak lele, selanjutnya selain ternak lele di dalam ember berkapasitas 80 liter tersebut juga nantinya di atasnya akan di tanami tanaman kangkung dengan sistem aquaponik.

Bibit lele yang dipakai adalah hasil pemijahan atau pembibitan dari Kelompok Berkah lele yang tidak lain adalah Kelompok Binaan LPEM Baznas. Bibit lele yang digunakan adalah yang berukuran 10-12 cm sebanyak 60-80 ekor dalam 1 ember. Selama periode pemeliharaan, ikan lele diberi pakan sebanyak 3 kali dalam sehari dengan pakan jenis 781. Kangkung dapat dipanen pada saat berumur 3 minggu dengan menyisakan tunas sehingga tanaman dapat tumbuh kembali. Sedangkan ikan lele dapat di panen pada umur 90 hari.

Pelatihan budikdamber ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan ketahanan pangan keluarga yang diusung oleh BAZNAS dengan tema "Menanam Di Rumah". Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat terutama di daerah urban untuk bertani dan beternak sederhana yang bisa dilakukan dengan mudah oleh siapapun terlebih di masa wabah pandemi ini. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi alternatif sumber pendampatan bagi masyarakat terutama mustahik binaan.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#MenanamdiRumah
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKabjikaZakat

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id