Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui kegiatan Cash For Work (CFW) berkolaborasi dengan UMKM dan pekerja rentan yang ekonominya terdampak Covid-19, melakukan aksi Cash For Work di Tomang Tinggi, Jakarta Barat, pada Jumat (17/4). Salah satunya yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Latif (41) yang merupakan Pedagang Kopi Kampung Kampung Binaan LPEM BAZNAS.

Latif menuturkan dengan merebaknya kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia, membuat usahanya mengalami penurunan omzet dikarenakan akses masuk menuju kedai kopi kampung miliknya ditutup, bahkan karyawan pabrik yang merupakan pelanggan setia kopi kampung juga banyak diliburkan.

"Saya selaku pelaku UMKM yamg terdampak pandemi Covid-19, sangat mengapresiasi dengan adanya Cash For Work ini. Tentunya selain menjaga lingkungan, dengan adanya pemberian sembako sangat bermanfaat untuk keluarga saya yang saat ini nihil pemasukan," Ujar pria 41 tahun tersebut.

Aksi Cash For Work ini juga dilaksanakan di delapan titik terdampak lainnya yakni di Kel. Jembatan Lima, Jakarta Barat; 2 titik kel. Sukamaju, Kota Depok; 2 Titik Kel. Belendung, Kota Tangerang; Kel. Sudimara, Kota Tangerang; Kel. Karungin Jaya, kota Bekasi dan Kel. Langen Sari, Garut;

Hasil dari aksi Cash For Work pada hari ini yakni edukasi seputar Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), penyemprotan cairan desinfektan di rumah warga sebanyak 1017 KK dan tempat umum, pemasangan 9 tempat cuci tangan sederhana di titik Zmart dan pemberian voucher Zmart senilai Rp200.000 yang dapat ditukarkan dengan sembako di Zmart terdekat kepada 90 relawan BAZNAS.

Cash for Work merupakan Aksi sosial yang melibatkan masyarkat rentan yang usahanya mengalami penurunan pendapatan hingga tidak bisa berdagang yang terpengaruh oleh pandemi Covid-19. Aksi ini direncanakan akan terus berlangsung sampai tanggal 23 April 2020 dan diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi dan pemahaman masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat, memotivasi warga untuk menjalankan protokol pencegahan penyebaran Virus Corona, dan membantu kaum rentan yang terimbas dampak ekonomi.

#BAZNAS
#BaznasTanggapCovid-19
#LpemBaznas
#CashForWork
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Terkait