Pusat Kajian Strategis (Puskas) BAZNAS yang diwakili oleh Yunus Afandi, Hidayaneu Farchatunnisa, Arwa Violaditya dan Ulfah Lathifah melakukan kunjungan ke BAZNAS Kota Depok dalam rangka Pilot Project Indeks Kesiapan Digital bagi Organisasi Pengelola Zakat, Kamis (21/10). Pilot Project ini dilakukan dengan cara indepth interview dengan bagian terkait. Pimpinan BAZNAS Kota Depok, yaitu Waka I Bidang Pendistribusian, Waka II bidang pengumpulan dan Waka IV bidang Operasional dan SDM menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. 

Kegiatan Pilot Project Digital Readiness Index dilakukan di sembilan organisasi pengelola zakat yang berada di Provinsi Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. Secara umum kegiatan pilot project di BAZNAS Kota Depok berjalan dengan lancar, seluruh pertanyaan dapat dijawab dengan dengan tepat. Pada kegiatan ini juga Puskas BAZNAS mendapatkan masukan dalam rangka penyempurnaan kajian.

Setelah dilakukan pilot project di seluruh target OPZ, kajian ini dilanjutkan dengan mempublikasikan kajian konsep Kesiapan Digital OPZ. Pada tahun 2022 mendatang survei Indeks Kesiapan Digital OPZ akan dilakukan di seluruh OPZ di seluruh Indonesia. Kajian ini merupakan hasil kerja sama antara Puskas BAZNAS dan Departemen Ekonomi Syariah Bank Indonesia.

Rep: Puskas BAZNAS

Terkait