Workshop Indeks Implementasi Zakat Core Principles dilaksanakan pada Senin (04/10), dan dihadiri oleh perwakilan dari Bank Indonesia, BAZNAS Pusat dan BAZNAS Jawa Barat. Acara dibagi menjadi empat sesi inti, dan menghadirkan empat narasumber. Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Ibu Ita Rulina memberikan sambutan pada acara pembukaan, yang diikuti dengan sambutan oleh Wakil Ketua Tiga Bidang SDM Umum dan Aset BAZNAS Provinsi Jawa Barat, Bapak Achmad Faisal.

Narasumber untuk sesi pertama adalah Bapak Muhammad Hasbi Zaenal, Direktur Puskas (Pusat Kajian Strategis) BAZNAS. Sesi pertama membahas mengenai implementasi dari Zakat Core Principles. Pembahasan mulai dari prinsip-prinsip, metodologi penyusunan, aspek pengaturan, dimensi, dan tentu saja implementasi Zakat Core Principles di Indonesia. Sesi pertama ini dipandu dan dimoderatori oleh Bapak Feri Noor dari Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia.

Professor Muhammad Amin Suma dari Komisi Fatwa MUI tampil sebagai pembicara pada sesi kedua, dengan menyampaikan harapan agar terwujudnya tata kelola zakat di Indonesia yang lebih baik, memiliki profesionalisme yang memadai, dan menjadi kepercayaan masyarakat agar perzakatan mampu dengan optimal memberikan kesejahteraan dan keberkahan masyarakat.  Sesi kedua yang bertema Kelembagaan Pengawas Syariah Dalam Pengelolaan Zakat tersebut dimoderatori oleh Ali Sakti dari Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia.

Wakil Direktur Puskas BAZNAS Muhammad Choirin sebagai pembicara sesi ketiga mengisi dengan topik kepatuhan syariah dalam pengelolaan zakat. Sesi ketiga ini membahas tatakelola syariah dalam pengelolaan zakat dan penerapan kepatuhan syariah dalam pengelolaan zakat berdasarkan indeks implementasi ZCP. Muhammad Indra Saputra dari Puskas BAZNAS RI memegang posisi moderator pada sesi ini.

Pembicara sesi inti terakhir dalam workshop ini adalah Kepala Divisi Sistem dan Prosedur BAZNAS RI, Deni Hidayat. Narasumber membawa topik risiko operasional organisasi pengelolaan zakat dan manfaat dari melakukan manajemen risiko. Topik tersebut sangat erat hubungannya dengan para peserta workshop yang sebagian besar adalah pegawai BAZNAS Jawa Barat. Sesi terakhir ini dimoderatori oleh Tri Yanto dari BAZNAS provinsi Jawa Barat.

Hasil dari Workshop Indeks Implementasi Zakat Core Principles akan ditindaklanjuti dengan penyusunan regulasi, dan SOP untuk memperbaiki hal-hal yang kurang dan belum lengkap dari projek implementasi ZCP yang akan dilaksanakan hingga bulan Desember 2021 nanti.

 

Rep: Puskas BAZNAS

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id