Pada tanggal 22 Desember Pusat Kajian Strategis BAZNAS bekerja sama dengan Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia telah menerbitkan buku “Indeks Implementasi Zakat Core Principle”. Buku ini memuat penjelasan mengenai alat ukur yang dapat digunakan untuk menilai penerapan Zakat Core Principle oleh Organisasi Pengelola Zakat (OPZ). Buku ini juga memuat hasil pilot project penggunaan alat ukur tersebut  di sepuluh OPZ di Indonesia..

Zakat Core Principle merupakan prinsip-prinsip yang bertujuan untuk mendorong penyelenggaraan zakat yang efektif. ZCP merupakan kerja sama Bank Indonesia dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Islamic Research and Training Institute-Islamic Development Bank (IRTI-IDB) dan delapan negara lainnya yang tergabung dalam International Working Group (IWG). ZCP yang sudah terbentuk pada akhirnya perlu digunakan sebagai standar minimum yang dapat diterapkan oleh pengelola zakat dunia, tidak terkecuali di OPZ Indonesia.

Dalam melakukan evaluasi implementasi ZCP dibutuhkan keahlian hukum dan tata kelola OPZ. Penafsiran hukum dan tata kelola OPZ ini harus relevan dengan struktur legislasi dan akuntansi negara terkait.Oleh karena itu, Indeks Implementasi ZCP dijalankan sebagai langkah awal proses implementasi ZCP secara keseluruhan. Indeks ini telah disesuaikan dengan tata kelola dan struktur legislasi OPZ di indonesia sehingga memudahkan evaluasi pengelolaan zakat yang dilakukan OPZ berdasarkan ZCP.

Selain itu, untuk membentuk indeks yang reliabel dan relevan dalam kajian ini juga dilakukan pilot project yang dilakukan oleh sepuluh OPZ di beberapa daerah Indonesia. Dari kesepuluh OPZ yang dianalisis, terdapat tiga OPZ memiliki kategori Sangat Baik, empat OPZ berada pada kategori Baik, dan tiga OPZ berada pada kategori Kurang Baik. Secara rata-rata, skor indeks implementasi ZCP keseluruhan adalah 0,65 yang berada pada kategori Baik.

Indeks implementasi ZCP yang telah dibentuk kemudian akan digunakan sebagai pedoman pengembangan tata kelola OPZ. Untuk mendorong hal tersebut selanjutnya akan diadakan kegiatan pembimbingan dari OPZ yang memiliki nilai Indeks Implementasi yang Sangat Baik kepada OPZ yang memiliki nilai Indeks Implementasi ZCP yang Kurang Baik. Diharapkan dengan pembimbingan tersebut OPZ di Indonesia dapat memiliki standar minimum tata kelola yang baik.

 

Rep: Puskas BAZNAS

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id