Sebuah Indeks dalam pembuatannya harus memiliki indikator yang sesuai dan tepat. Hal ini juga sangat diperlukan agar indeks dapat menggambarkan kondisi suatu objek yang sedang diteliti, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi yang signifikan. Dalam pemenuhan unsur tersebut Puskas BAZNAS bersama dengan Bank Indonesia mengundang BAZNAS Daerah dalam diskusi penyusunan indikator Indeks Zakat Core Principles (ZCP) yang akan diterapkan melalui program pilot project ZCP pada Jumat (17/04/2020). 

Dalam diskusi tersebut, BAZNAS Provinsi Jawa Barat, BAZNAS Kota Depok dan BAZNAS Sumedang menjadi perwakilan BAZNAS Daerah. BAZNAS Daerah tersebut diundang agar bisa memberi pandangan dari sisi praktek di lapangan agar indikator yang disusun bisa sesuai dengan realita yang ada. Diskusi berlangsung dengan membahas setiap indikator secara detail dengan mengacu pada peraturan-peraturan yang sudah ada mengenai kelembagaan sebuah OPZ.

Tidak hanya itu, di diskusi ini Bank Indonesia dan BAZNAS juga mendiskusikan alur serta timeline dari pilot project ZCP yang akan dilakukan di Jawa Barat. Diskusi yang berlangsung selama dua jam ini dilakukan secara daring dan diharapkan dapat menyempurnakan indikator sebelum indeks tersebut diterapkan sebagai pilot project ZCP.

 

Rep: Puskas BAZNAS

Terkait