Pembinaan pekanan kelompok mualaf Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi Biromaru, Sulawesi Tengah, kali ini terasa berbeda dan sedikit lebih istimewa. Pada kesempatan ini, Ustaz Abdullatif yang merupakan dai Mualaf Center BAZNAS (MCB) mengadakan kegiatan pembinaan di rumah kepala desa setempat. Ini semua dilakukan atas permintaan dari ibu kades untuk dapat menggelar di tempatnya langsung.

Para ibu mualaf beserta beberapa warga dan ibu kades hadir memenuhi ruangan yang telah disediakan pada Jumat (9/7) pagi itu. Mengingat hari raya Idul Adha yang tinggal beberapa hari lagi, Ustaz Abdullatif lalu menyampaikan topik mengenai keutamaan hari raya berkurban.

“Keistimewaan hari raya Idul Adha tidak hanya terikat pada ibadah shalat Id dan aktivitas penyembelihan hewannya saja. Terkadang masyarakat kita hanya mengagungkan momen ini pada hari tanggal 10 Zulhijjah-nya saja, betul bu,?” kata ustaz dalam pembukaannya memantik perhatian segenap hadirin.

“Ketahuilah bahwasanya keistimewaan dalam ajaran Islam, pada hari raya kedua dalam Islam ini sudah berlangsung sedari tanggal satu hingga pertengahan bulan itu sendiri. Ibu-ibu selama ini sudah memanfaatkannya belum?” Pertanyaan ini membuat sebagian hadirin bertanya-tanya, apa yang membuatnya istimewa.

Ustaz pun melanjutkan, “Bulan Zulhijjah menjadi spesial karena merupakan pekan-pekan rangkaian pelaksanaan ibadah berhaji ke Mekkah. Ibadah haji merupakan seremoni ibadah terakbar yang hanya dilakukan satu tahun sekali.”

Selanjutnya ustaz melanjutkan bahwa pada sepuluh hari pertama dalam bulan Zulhijjah, Allah memberikan keistimewaan berupa dilipatgandakannya catatan amal seorang hamba. Hal ini berlaku pada setiap amalan baik maupun amalan buruk.

“Oleh karena itu, bagi kita yang belum berkesempatan untuk berangkat haji atau barangkali belum sanggup dalam berkurban hewan potong, mari kita manfaatkan waktu-waktu yang sempit ini untuk memaksimalkan ibadah-ibadah yang dapat kita lakukan. Serta berusaha semaksimal mungkin untuk menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan dosa.” sambung Ustaz Abdullatif memotivasi segenap hadirin.

Terakhir ustaz tidak ketinggalan menyampaikan, “Selanjutnya selepas ibadah salat hari raya dan pemotongan hewan kurban, Rasulullah Muhammad SAW mengajak umatnya untuk mengagungkan nama Allah dan mengharamkan berpuasa pada tiga hari tasyrik setelahnya. Hal ini bermaksud untuk mengajak kita bersyukur akan nikmat hari raya dan daging hewan kurban yang kembali kepada hambaNya untuk dapat dikonsumsi. Berbeda dengan kurban atau sesajen-sesajen ajaran kepercayaan lain yang diserahkan kepada makhluk-makhluk dunia lain,” pungkasnya.

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id