Ajaran agama Islam merupakan satu-satunya agama dan kepercayaan yang menerapkan tuntunannya dalam setiap aspek kehidupan. Dengan bermodalkan basmalah dan mengikuti junjungan Nabi Muhammad SAW kita dapat meng-upgrade aktivitas-aktivitas harian kita menjadi bernilai ibadah. 

Beberapa hari menjelang pergantian bulan Hijriyah dari bulan Zulqaidah menjadi Zulhijjah, dai Mualaf Center BAZNAS (MCB) hadir untuk bertugas membina belasan mualaf Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi Biromaru, Sulawesi Tengah. Pada kesempatan pekan ini, ustaz Abdullatif Amrizal atau yang biasa akrab disapa dengan ustaz Abdullatif membawakan tema keutamaan 10 hari pertama bulan Zulhijjah.

Bulan terakhir dalam penanggalan Hijriyah ini merupakan bulan yang cukup istimewa dalam agama Islam. Satu dari dua keutamaan bulan ini yang sama-sama sudah banyak umat Islam ketahui adalah hadirnya hari raya Idul Adha. Hari berkurban ini barangkali belum bisa terlalu dinikmati oleh kaum mualaf dipedalaman. Hal ini dikarenakan banyak mualaf ini yang tidak berpunya dari segi ekonomi, dan jarang sekali ada warga setempat yang mampu berkurban.

Mengingat keadaan kelompok mualaf binaanya, ustaz Abdullatif kali ini datang dengan menyampaikan satu lagi kabar gembira akan keutamaan bulan Zulhijjah dengan menyampaikan sebuah hadits yang berbunyi,

مَا العَمَلُ فِي أَيَّامٍ أَفْضَلَ مِنْهَا فِي هَذِهِ؟» قَالُوا: وَلاَ الجِهَادُ؟ قَالَ: وَلاَ الجِهَادُ، إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ يُخَاطِرُ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ، فَلَمْ يَرْجِعْ بِشَيْءٍ

Tak ada amal yang lebih utama daripada yang dilakukan di hari-hari ini (10 hari awal Zulhijjah). Para sahabat bertanya: “Tidakkah jihad juga?” Rasul menjawab: “Tidak juga jihad, kecuali seorang yang pergi memerangi musuh dengan jiwa dan hartanya kemudian kembali tanpa membawa apa pun."
(H.R. Muslim)

Dari sepotong sabda nabi tersebut ustaz Abdullatif mengajak segenap binaannya yang baru masuk dan mengenal Islam ini untuk tidak menyia-nyiakan keistimewaan 10 hari pertama bulan Zulhijjah yang akan datang tidak lama lagi. Dengan melakukan beragam aktivitas baik yang diniatkan sebagai ibadah ditambah mengawalinya dengan kalimat basmalah, insya Allah malaikat akan mencatatkannya sebagai nilai ibadah.

Terakhir sebagai penutup, ustaz mengajak kaum muslimin pada umumnya dan kelompok mualaf binaannya pada khususnya untuk memenuhi 10 hari tersebut dengan memperbanyak ibadah. Adapun beberapa amalan yang Rasulullah Muhammad SAW contohkan adalah seperti sedekah, shaum, sholat sunnah dan berdzikir kepada-Nya. Semoga kita pun yang telah lama mengenal Islam tidak melewatkan momen-momen berharga ini. Beberapa cara diantaranya seperti dengan menunaikan zakat maupun sedekah melalui BAZNAS. Dengan itu semua insya Allah kita dapat sama-sama membantu perjuangan dai dan mualaf diberbagai pelosok daerah seperti apa yang ustaz Abdullatif lakukan selama ini.

 

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id