Peserta Beasiswa Cendekia BAZNAS di Universitas Brawijaya, Susilawati, merupakan founder dari Unit Bisnis Unifarm yang berfokus pada hasil pertanian. Susi sapaannya berhasil membawa unit bisnisnya menembus pasar internasional. Saat ini Susi sedang menempuh pendidikan di jurusan Peternakan dan sedang menjalani semester 7.

Susi menceritakan Unifarm didirikan pada tahun 2019. Pada awalnya Unifarm menjalankan lini bisnis sebagai distibutor produk peternakan seperti ayam. Selain hasil peternakan ternyata para konsumen juga menginginkan banyak produk lainnya dari hasil pertanian.

Dengan terus berkembangnya lini usaha membuat Susi mendapatkan pendanaan dari pemerintah dan pihak kampus pada program Youth Entrepreneur Brawijaya tahun 2021. Sehingga Susi memberanikan diri memperluas pasar hingga melakukan kerja sama ekspor dengan Pakistan dan China untuk produk PAO atau limbah sawit.

 

 

Susi berhasil membawa unit bisnisnya terus berkembang menembus pasar ekspor. Produk unggulan dari Unifarm adalah palm sugar, coconut sugar dan turunan produk sawit seperti PAO maupun PFAD, sedangkan untuk skala nasional atau lokal yaitu daging ayam dan ikan Tuna. Saat ini, Unifarm juga sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa negara untuk memperluas ekspansi ekspor.

Prestasi yang diraih Susilawati adalah salah satu dari 621 prestasi yang diraih oleh seluruh mahasiswa penerima Beasiswa Cendekia BAZNAS. Semoga, beasiswa akan memastikan keberhasilan pendidikan, serta mendorong terbentuknya generasi yang memiliki kedalam ilmu pengetahuan dan keluhuran akhlak.

Terkait