Kisah Perjuangan Nani hingga Berdaya Bersama BAZNAS

  • Diposting oleh : Markom BAZNAS
  • Tanggal : 27/08/2021
  • Nani bersyukur kini ekonomi keluarganya membaik bersama BAZNAS (Foto: BAZNAS)


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus berupaya menyejahterakan mustahik binaan, dengan berbagai inovasi dan program yang dimiliki. Salah satunya kepada Nani Suryani (52), pelaku usaha program ZChicken binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS berlokasi di Jalan Manggarai Selatan, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, yang telah mendapatkan bantuan program sejak Januari 2021 lalu berupa gerobak, perlengkapan usaha dan bahan baku produksi.

     

    Kisah perjuangan Nani Suryani sungguh inspiratif, tentang bagaimana pengorbanan seorang ibu terhadap anak-anaknya, namun pernah sesekali Neni merasa seperti sudah berada di tepi jurang, tidak tahu apalagi yang harus dilakukan.

     

    Sebelum adanya bantuan program ZChicken, Nani merupakan orang tua tunggal dan demi memenuhi kebutuhan pendidikan yang layak bagi ketiga anaknya ia rela bekerja segala jenis pekerjaan dan usaha seperti menjadi karyawati, membuka jasa potong rambut, menjadi pekerja sosial dan masih banyak pekerjaan lainya yang telah ia geluti.

     

    Pada saat awal pandemi melanda, usaha potong rambut yang dijalaninya mengalami kemunduran. Tidak adanya pelanggan pernah ia dirasakan hingga tiada penghasilan di hari tersebut.

     

    Kemudian Nani sempat bekerja di sebuah lembaga sosial di Manggarai, yang juga tidak semulus usahanya. Pada bulan Desember 2020 tepat kontraknya habis dan tidak diperpanjang, ditambah kebutuhan mendesak seperti biaya kelulusan anaknya dan biaya sekolah anak bungsunya, yang hal itu sangat membuat Nani tertekan dan dia ungkapkan dalam sebuah doa untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT.

     

    Seluruh pekerjaan yang dilakoninya selama ini hanya untuk satu tujuan yaitu membesarkan anak anaknya, tanpa ingin merepotkan orang lain, mengurus rumah tangga sendirian, mengurus kebutuhan anak anaknya hingga mencari nafkah dilakukannya sendiri tanpa rasa lelah.

     

    Seakan menjawab doanya, Allah membuka jalan untuk Nani mengubah kehidupannya, dengan dipertemukan dengan BAZNAS yang memiliki program untuk menyejahterakan umat. Salah satunya program ZChicken.

     

    Di awal mendapatkan bantuan program ZChicken, Nani tidak menyangka bahwa ia difasilitasi segala macam kebutuhan usaha, dan tinggal menjalankannya bahkan mendapatkan pendampingan secara intensif oleh pendamping program BAZNAS.

     

    Nani menjelaskan bahwa usaha ZChicken dijalaninya sekarang memberikan penghidupan yang lebih baik bagi dirinya dan keluarganya. Omzetnya stabil bahkan cenderung meningkat tiap bulan. Keberkahan atas usahanya mengalir tak terhingga dari anaknya yang pertama sudah bekerja hingga anak keduanya mendapatkan beasiswa di salah satu universitas di Jakarta Barat.

     

    "Terima kasih BAZNAS dan donatur yang telah berzakat kepada BAZNAS, semoga selalu mendapat keberkahan dan BAZNAS semakin jaya," tutup Nani.

BAYAR ZAKAT