Peternak Mustahik Binaan BAZNAS di Purwakarta Raih Untung dari Jual Ternak Perdana

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 15/08/2021
  • Peternak Mustahik Binaan BAZNAS di Purwakarta Raih Untung dari Jual Ternak Perdana


    Kelompok Hittachi Farm dari Balai Ternak BAZNAS Purwakarta yang dibentuk sejak Desember 2020 merupakan salah satu kelompok yang diberdayakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS. Program utama yang dijalankan oleh kelompok yaitu penggemukan dan pembiakan yang dikelola oleh 25 orang peternak mustahik.

    Dari program Balai Ternak BAZNAS Purwakarta ini diharapkan dapat memberikan tambahan pendapatan kepada mustahik dari keuntungan penjualan ternak dan nantinya akan bisa menjadi sumber mata pencaharian utama. Setelah setengah tahun berjalan, program peternakan domba yang dijalankan peternak mustahik mulai menunjukkan hasil nyata.

    Pendamping program Balai Ternak BAZNAS Purwakarta, Sigit, menyampaikan bahwa hasil program penggemukan yang dilakukan peternak sudah mampu memberikan tambahan pendapatan kepada peternak mustahik.

    "Penjualan perdana dari ternak dari Balai Ternak BAZNAS Purwakarta dilakukan saat momen kurban yang lalu, di mana kelompok peternak mustahik berkesempatan menjadi salah satu mitra pelaksana yang menyuplai sebanyak 75 ekor domba dan melaksanakan kegiatan Kurban Online BAZNAS," ujar Sigit.


    Sigit juga menambahkan dari penjualan perdana ternak ini, kelompok peternak menghasilkan omzet penjualan mencapai Rp137 juta. Dari hasil keuntungan penjualan ternak ini akan menjadi sumber tambahan pendapatan melalui sistem bagi hasil kepada 25 orang peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Purwakarta sesuai dengan jumlah ternak yang disuplai oleh masing-masing peternak.

    Pada penjualan ternak perdana ini sebanyak 10 orang peternak sudah mampu menyuplai ternak dengan spesifikasi yang sesuai hingga masing-masing 4 ekor ternak dan mendapatkan margin laba hingga Rp3.000.000. Jumlah ini sudah cukup tinggi mengingat program yang dijalankan baru memasuki 1 semester. Dari hasil penjualan ternak perdana ini tidak hanya memberikan dampak secara ekonomi bagi peternak tapi juga menambah motivasi dan semangat untuk terus menghasilkan ternak yang berkualitas.

    Nantinya diharapkan program penggemukan dan pembiakan peternakan dari Balai Ternak BAZNAS Purwakarta ini dapat menghasilkan ternak yang berkualitas. Tidak hanya mampu menyuplai kebutuhan ternak kurban setiap tahunnya tapi juga mengembangkan pasar harian dan bulanan yang rutin.

>
BAYAR ZAKAT