Perkuat Usaha Mikro Mitra Mustahik, BAZNAS Gelar Program Pembiayaan Mikro Berbasis Masjid di Jabodetabek

  • Diposting oleh : Pembiayaan Mikro
  • Tanggal : 28/06/2022
  • Perkuat Usaha Mikro Mitra Mustahik, BAZNAS Gelar Program Pembiayaan Mikro Berbasis Masjid di Jabodetabek


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Divisi Bank Zakat Mikro perluas giat pembiayaan bagi mustahik pemilik usaha mikro dan ultra mikro melalui berbagai masjid di Jabodetabek. Upaya untuk memperluas akses permodalan bagi pelaku usaha mikro terus dilakukan oleh BAZNAS. Dalam program Pembiayaan Mikro Berbasis Masjid ini, sebanyak 17 masjid se-Jabotabek, salah satunya Masjid Miftahussalam yang terletak di jalan Warakas VI RT 07/ 012, Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (25/06).

    Ketua DKM Miftahulsallam, Ustadz Bahir Muhidin mengatakan kegiatan penyaluran bantuan pinjaman modal usaha dari BAZNAS. "Sebanyak 35 para mustahik mengajukan pembiayaan modal usaha kemudian dari 35 mustahik tersebut, sebanyak dua puluh lima mitra mustahik dalam proses pencairan pembiayaan melalui transfer rekening BSI KCP Tanjung Priok dan sisanya masih dalam proses verifikasi," tuturnya.

    "Mitra mustahik yang mengajukan bantuan pembiayaan bergerak dalam beberapa sektor, di antaranya sektor kuliner sebanyak 42 persen, warung kelontong mikro sebanyak 40 persen. Sisanya, 10 persen bergerak dibidang jasa dan 50 persen di bidang jajanan kaki lima,” papar Bahir.

    Selain memfasilitasi pembiayaan modal usaha tanpa bunga, BAZNAS juga memfasilitasi layanan pendampingan dan pengembangan usaha. Adapun, agenda terdekat setelah adanya pembiayaan adalah pendampingan usaha yang akan dilakukan pada setiap kelompok di masing-masing titik BAZNAS,” sambung Bahir.

    Lebih lanjut ia menjelaskan, program bantuan permodalan usaha sangat bermanfaat sekali bagi para mitra mustahik yang terkena dampak pandemi Covid-19 selama dua tahun kemarin, tambahnya. Harapannya, bantuan pinjaman modal usaha ini dapat semaksimal mungkin menumbuhkembangkan usahanya.

>
BAYAR ZAKAT