Mustahik Binaan BAZNAS di Desa Srimartani Banjir Orderan Masker dan Goodybag

  • Diposting oleh : Community Development
  • Tanggal : 25/11/2021
  • Mustahik Binaan BAZNAS di Desa Srimartani Banjir Orderan Masker dan Goodybag


    Kelompok Mustahik Srimpy binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang dibentuk di Kalurahan Srimartani, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, DIY, menerima pesanan goodybag dan masker dari BAZNAS DIY.

    Didampingi oleh Sahabat ZCD, sebanyak 5 orang ibu-ibu mustahik melakukan proses packing 315 pcs goodybag dan 315 pcs masker di tempat tinggal salah satu anggota kelompok, Kamis (18/11).

    Proses packing dilakukan setelah proses penjahitan selesai dilakukan oleh 12 anggota kelompok SRIMPY. Penjahitan masker dan goodybag dilakukan di rumah masing-masing karena lebih fleksibel dalam pengerjaan tugas rumah tangga setiap anggota. Sebelumnya bahan kain goodybag dan masker dipotong oleh salah satu anggota mustahik. Setelah bahan kain dipotong, dilanjutkan dengan proses sablon manual (goodybag) dan sablon digital (masker).

    Dalam proses sablon, kelompok Srimpy bekerja sama dengan 3 perajin sablon yang ada di Kelurahan Srimartani. Setelah proses sablon selesai, selanjutnya pola kain diambil oleh masing-masing anggota kelompok Srimpy untuk dijahit.

    Proses pengerjaan 315 pcs goodybag dan masker berlangsung sekitar 10 hari. Hal itu dikarenakan peran ganda anggota kelompok dalam mendampingi anak sekolah dan belajar, mengurus tugas rumah tangga, keterlibatan membantu acara sosial masyarakat di lingkungan tempat tinggal, hingga pekerjaan sampingan di rumah. Meskipun padatnya aktivitas, hal itu tak menyurutkan semangat dan komitmen ibu-ibu mustahik dalam menyelesaikan tanggung jawab pesanan kelompok.

    Pesanan ini merupakan proses produksi kedua yang dilakukan oleh kelompok Srimpy untuk BAZNAS DIY, sedangkan produksi pertama pada akhir Oktober 2021 yang lalu kelompok Srimpy juga telah menyelesaikan pesanan goodybag sejumlah 1.800 pcs untuk BAZNAS DIY.

    Harga goodybag kedua ini sejumlah Rp8.500/pcs dan masker sejumlah Rp12.000/pcs, dengan pendapatan jasa per orang menyesuaikan dengan jumlah jahitan yang dihasilkan yaitu Rp2.000/pcs goodybag dan Rp1.500/pcs masker. Para ibu anggota Srimpy sangat bersyukur karena dengan adanya kegiatan produksi seperti ini dapat menambah pendapatan ekonomi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga.

    #BAZNASRI
    #InovasiBerkaryaUntukUmat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #GerakanCintaZakat
    #ZakatCommunityDevelopment

>
BAYAR ZAKAT