Kisah Sukses Danu, Petani Jeruk Lemon Asal Garut Binaan BAZNAS

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 29/09/2021
  • Kisah Sukses Danu, Petani Jeruk Lemon Asal Garut Binaan BAZNAS


    Danu (53) merupakan salah satu petani buah jeruk lemon california dari Kelompok Tani Putra Solekta binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang berlokasi di Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

    Sebelum mendapatkan bantuan pengembangan usaha dari BAZNAS pada 2019 lalu, Danu berprofesi menjadi petani wortel dan penangkar benih wortel. Seiring berjalannya waktu perkembangan budi daya wortel sangat sulit dan harga sayuran yang mengalami fluktuasi membuat Danu sering mengalami kerugian sehingga modal tidak dapat berputar. 

    Berbekal bantuan pengembangan usaha dan pendampingan program BAZNAS, Danu memilih untuk mengembangkan pertanian jeruk lemon california bersama Kelompok Tani Putra Solekta. Danu menjadi aktif dalam setiap pembinaan dan memiliki harapan dari pertanian lemon untuk meningkatkan ekonomi keluarga serta hasil panen jeruk yang lebih stabil.

    Sudah hampir 20 bulan lamanya pendampingan dan pemeliharan jeruk lemon telah diterima Danu, kini tanaman jeruknya sebanyak 200 pohon telah berusia 20 bulan di lahan sekitar 4.000 meter persegi. Pada Juli 2021, Danu telah melaksanakan panen jeruk lemon dengan hasil sebanyak 851 kg.

    Hasil panen jeruk lemon selanjutnya akan dijual kepada kelompok Putri Sawargi binaan BAZNAS lainnya yang bertugas sebagai kelompok pengolahan minuman dan sirup jeruk lemon dengan brand "Silegar".

    Pertumbuhan tanaman milik Danu menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik dari petani jeruk lainnya dikarenakan dedikasi pengembangan usaha yang dimiliki Danu sangat tinggi dan tekun dalam melakukan pemeliharaan kebun jeruk lemon.

>
BAYAR ZAKAT