Dorong Kemandirian Mitra Mustahik, BAZNAS Fasilitasi Permodalan Usaha dan Edukasi Keuangan

  • Diposting oleh : Pembiayaan Mikro
  • Tanggal : 12/07/2022
  • Dorong Kemandirian Mitra Mustahik, BAZNAS Fasilitasi Permodalan Usaha dan Edukasi Keuangan


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Divisi Bank Zakat Mikro kembangkan giat pembiayaan bagi mustahik pemilik usaha mikro dan ultra mikro melalui sejumlah masjid di Jabodetabek. Salah satunya adalah dengan Program Pembiayaan Mikro Berbasis Masjid (BAZNAS terus berupaya untuk memberikan kemudahan fasilitas permodalan bagi pelaku usaha mikro.

    Tim pendamping Pembiayaan Mikro Berbasis Masjid (PMBM) melakukan kunjungan pendampingan ke lapak gado-gado Bapak Sulistio yang merupakan salah satu Mitra Mustahik yang mendapatkan dana dari PMBM, Rabu (6/7).

    Tim PMBM dari masjid Ar-Rahman, Citayam, Depok, menuturkan bahwa Sulistio dan istri amat bersyukur menerima bantuan pinjaman usaha ini. Sejak pagi buta, ia dibantu istrinya menyiapkan bahan baku gado-gado di rumah sewanya yang sederhana. Dengan dana yang diterima beliau bisa terus membeli bahan baku dan meningkatkan penjualan, walau memang penghasilan yang ia dapatkan tidak menentu setiap harinya.

    Sulistio yang sudah bertahun-tahun menjalankan usaha ini, ingin tetap menjaga kualitas bahan baku dan cita rasa gado-gadonya yang memang telah dikenal sangat memuaskan konsumen dengan bumbu kacang yang melimpah.

    Pada kesempatan kali ini, tim pendamping PMBM juga memberi edukasi terkait pengelolaan keuangan, untuk stabilitas usaha mitra mustahik, salah satunya adalah pengelolaan pinjaman dan angsuran. Sulistio sudah melakukan penyetoran angsuran pertamanya di awal bulan Juli ini, walau belum jatuh tempo.

    "Saya bayarnya selagi ada uangnya saja, walau belum tanggal 10 dan kalau bisa dua kali sebulan biar cepat lunas," ujarnya. Harapannya usaha Sulistio tetap stabil dan terus berkembang.

    Beruntung saat ini Sulistio mendapatkan bantuan permodalan dan pendampingan usaha dari BAZNAS. Di antaranya bantuan dana modal usaha serta pendampingan dan edukasi. "Terima kasih BAZNAS atas pendampingannya selama ini," pungkas Sulistio.

>
BAYAR ZAKAT