Dai BAZNAS Ajak Mualaf Perbanyak Amal Baik di Pergantian Tahun Baru Islam

  • Diposting oleh : Muallaf Center
  • Tanggal : 20/08/2021
  • Dai BAZNAS Ajak Mualaf Perbanyak Amal Baik di Pergantian Tahun Baru Islam


    Serupa dengan materi ceramah yang dilakukan oleh dai Mualaf Center BAZNAS (MCB) lain di titik pembinaan Kepulauan Mentawai, Ustaz Abdullatif Amrizal yang bertugas di Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi Biromaru, juga menyampaikan topik yang senada. 

    “Kehidupan kita di dunia ini tidak lepas dari eksistensi waktu dan tempat. Dalam surat at-Taubah ayat 36 ini ada pesan tersendiri dari Allah Yang Maha Pemilik dan Pengatur Waktu untuk membantu hambanya mengatur kehidupan dengan tertata. Pembagian bulan ini sangat terasa terlebih oleh orang-orang terdahulu untuk menentukan musim tanam dan panen, musim yang kondusif untuk melakukan safari dagang dan beragam aktivitas lainnya. Termasuk di tengah kehidupan modern kini.” demikian buka ustaz Abdullatif mengawali ceramahnya.

    Surah At-Taubah ayat 36: 

    ِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

    "Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa."

    Mengingat semakin dekatnya pergantian tahun Qomariyah menuju tahun 1443 Hijriyah, ustaz pun memilih untuk mendalami bulan Muharram yang menjadi bulan awal dalam kalender Hijriyah. “Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits riwayat Muslim akan keistimewaan bulan Muharram yang akan segera kita tapaki,

    اَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

    "Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah pada bulan Allah (Syahrullah) yaitu, Muharram."

    Oleh karena itu, mari kita manfaatkan bulan ini dengan memperbanyak amal baik.”

    Tidak lupa dai MCB pun menyampaikan keutamaan dan jadwal dari rangkaian ibadah puasa sunah Asyura kepada segenap binaan beliau yang hadir di Masjid Nurul Iman Desa Tuva ini. Kegiatan yang berlangsung selama satu jam seba’da maghrib hingga menjelang isya, kemudian dilanjutkan dengan pengajaran baca al-Qur’an.

    Dalam setiap pembinaannya, Dai MCB menekankan praktik mencuci tangan dan menggunakan masker walau hanya beberapa hadirin saja.

>
BAYAR ZAKAT