Cerita Guru Ngaji Jadi Saudagar Zmart, Omzet Meningkat Drastis di Tiga Bulan Awal

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 27/09/2021
  • Cerita Guru Ngaji Jadi Saudagar Zmart, Omzet Meningkat Drastis di Tiga Bulan Awal


    Rohimah (40) adalah saudagar Zmart binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Kelurahan Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasar, Kota Tangerang, Banten, yang telah memulai usaha warung retail Zmart dan dibantu permodalan usaha oleh BAZNAS sejak November 2020 lalu.

    Rohiman merupakan salah satu saudagar Zmart yang dibantu memulai usahanya dari nol. Selama 9 bulan perjalanan pendampingan program, Rohimah mengalami beberapa peningkatan seperti omzet meningkat, kapasitas diri, kuantitas produk dan pemasaran yang semakin baik. Hal itu merupakan buah dari pendampingan dan pembinaan dari BAZNAS serta tekat kuat Rohimah untuk mengubah hidupnya.

    Sebelum menjalankan usaha warung ritel Zmart seperti saat ini, Rohimah dan suami merupakan guru ngaji di majelis taklim dan pengajian anak-anak di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Dalam menjalankan profesinya, tak ada tuntunan untuk dibayar atau mendapatkan imbalan dalam bentuk uang atau apapun, meski tak sedikit jamaah atau orang tua muridnya yang terkadang memberikan sedikit dana.

    Saat ditemui oleh pendamping program BAZNAS di warung Zmart miliknya, Rohimah mengungkapkan bahwa dirinya masih belum percaya bahwa semua keinginan atas doa-doanya sudah mulai terjawab.

    "Alhamdulillah, dulu saya sama abi (panggilan untuk suaminya) memang pengen banget punya usaha warung kecil-kecilan gitu, tapi cuma nitip doa aja sama Allah kalau memang ada jalan bukain gitu aja," tutur Rohimah.

    Di bulan November 2020, keinginan Rohimah dan suami dijawab dengan adanya program Zmart BAZNAS dan bisa mendapatkan pendampingan serta aktif dalam organisasi kelompok saudagar Zmart Kota Tangerang.

    "Alhamdulillah, doa saya dijawab. Usaha ini saya jalankan sebagai amanah buat saya, karena Allah sudah jawab doa saya jangan sampai saya malas waktu menjalaninnya, ini amanah dari donatur BAZNAS buat saya dan keluarga saya," tambahnya penuh semangat.

    Dalam hal omzet, pendapatan langsung terjadi di tiga bulan pertama Rohimah, yang mencapai Rp500.000 per hari, sampai saat ini omzet tertingginya bisa mencapai Rp700.000 hingga Rp800.000/hari.

    Dari segi kapasitas usahanya meningkat dengan adanya berbagai jenis produk retail yang mulai meningkat kuantitasnya, dan di awal bulan Agustus kemarin Rohimah menambah jenis usaha produk es krim box yang saat ini banyak diminati oleh kalangan anak-anak yang menambah meningkatkan pendapatan hariannya.

>
BAYAR ZAKAT