Balai Ternak BAZNAS Siapkan Bibit Sapi Bali Berkualitas

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 12/07/2021
  • Balai Ternak BAZNAS Siapkan Bibit Sapi Bali Berkualitas


    Balai Ternak BAZNAS Maros merupakan titik pemberdayaan peternak mustahik yang mengembangkan program peternakan sapi potong. Berdiri sejak 5 Maret 2020, Kini telah memiliki 2 kelompok peternak yaitu Julu Baji dan Abbulo Sibatang dengan jumlah 25 orang peternak mustahik yang diberdayakan.

    Peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Maros menjalankan fokus utama usaha peternakan dan bank pakan. Usaha peternakan yang dijalankan oleh peternak mustahik tidak hanya melakukan usaha penggemukan untuk menghasilkan ternak yang sehat dan memiliki bobot yang sesuai, tapi juga terus berupaya mendukung kebutuhan populasi ternak nasional melalui program pembibitan atau breading. Adapun jenis sapi yang dikembangkan saat ini yaitu sapi Bali.

    Sapi bali yang dikembangkan di Balai Ternak BAZNAS Maros merupakan sapi asli Indonesia yang mempunyai keunggulan dalam daya reproduksi, daya adaptasi, dan persentase karkas yang tinggi. Sehingga pengembangan sapi bali sangat cocok dikembangkan oleh peternak mustahik.

    Zaenal sebagai pendamping program Balai Ternak BAZNAS Maros menyampaikan bahwa dalam mengembangkan sapi bali ini peternak diberikan beberapa pendampingan terkait pemeliharaan. Seperti manajemen pakan dari segi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas, manajemen kesehatan, manajemen reproduksi melalui penerapan teknologi inseminasi buatan, manajemen pemeliharaan, dan sistem recording.

    Diharapkan dengan program pembibitan ini bisa menjadikan Balai Ternak BAZNAS Maros sebagai salah satu pusat peternakan sapi di wilayah Indonesia Timur khususnya Sulawesi sebagai rujukan penyuplai bibit sapi berkualitas. Dari usaha peternakan yang telah berjalan setahun terakhir ini, kini jumlah populasi yang ada di Balai Ternak BAZNAS Maros berjumlah 43 ekor sapi.

    Selain Zaenal menambahkan dari populasi ternak yang dikembangkan oleh Peternak Mustahik ini juga akan menyuplai kebutuhan sapi untuk Kurban Online BAZNAS. Saat ini peternak sedang mempersiapkan ternak untuk kegiatan kurban dengan memastikan kualitas ternak terbaik melalui quality control dan monitoring rutin.

    #BalaiTernakBAZNAS
    #GerakanCintaZakat
    #LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmat

>
BAYAR ZAKAT